Visitor
Rabu, 19 Desember 2018
APLIKASI E-RKAM MADRASAH/ DOWNLOAD PANDUAN E-RKAM
Aplikasi E-RKAM merupakan sistem informasi pengelolaan pendapatan dan belanja madrasah berbasis elektronik (online) yang digunakan untuk menyusun Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM) dimulai dari proses perencanaan anggaran sampai dengan proses penyerapan Anggaran Madrasah. Dengan penerapan yang berbasis elektronik sehingga aplikasi E-RKAM dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui perangkat keras seperti komputer, laptop dan telepon seluler (handphone). Untuk mengakses aplikasi ini dapat menggunakan perangkat lunak (browser) seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari dll. Dalam hal ini alamat yang digunakan untuk mengakses aplikasi E-RKAM yaitu http://erkam.kerjakerja.work/main/auth dan gambar berikut menampilkan halaman depan dari aplikasi E-RKAM.
Penerapan aplikasi E-RKAM dilakukan kepada seluruh madrasah negeri dan swasta Kabupaten Jombang sehingga untuk masuk ke dalam aplikasi ini harus menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP) untuk madrasah negeri dan Nomor induk kependudukan (NIK) untuk madrasah swasta yang tidak punya NIP. Pembagian struktur pengguna (user) madrasah dalam menyusun RKAM dalam aplikasi ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu kepala madrasah dan petugas (staf) madarasah.
Berdasarkan 2 jenis pembagian struktur pengguna dapat dijelaskan peran dari masing-masing pengguna berikut :
a. Kepala Madrasah
Kepala madrasah memiliki peran penting dan utama dalam proses penyusunan RKAM
yang terdiri dari :
- Mengatur petugas madrasah yang ditugaskan sebagai operator input rencana belanja madrasah.
- Membuat perencanaan kegiatan madrasah dalam 1 tahun anggaran.
- Melakukan verifikasi dan validasi terhadap hasil rincian belanja kegiatan yang diinput oleh operator madrasah.
- Melakukan persetujuan terhadap nota penyerapan pendapatan dan belanja madrasah.
- Mencetak dokumen anggaran mulai dari perencanaan sampai penyerapan.
b. Petugas (Staf) Madrasah
Petugas madrasah yang dimaksud dalam aplikasi E-RKAM merupakan perpaduan unsur yang ada dimadrasah baik bendahara, guru, maupun operator yang dapat di daftarkan. Berdasarkan hal tersebut peran yang dimiliki oleh petugas madrasah adalah sebagai berikut :
- Melakukan input rincian belanja kegiatan berdasarkan rencana kegiatan yang dibuat oleh kepala madrasah.
- Melakukan pembuatan nota penyerapan apabila sudah pada waktu atau proses penyerapan belanja
Panduan selengkapnya dapat di Download Panduan Penggunaan Aplikasi E-RKAM
Selasa, 18 Desember 2018
PDUM- LANGKAH-LANGKAH CETAK KARTU PANGKALAN DATA UJIAN MADRASAH
Pangkalan DataUjian Madrasah |
PDUM- LANGKAH-LANGKAH CETAK KARTU PANGKALAN DATA UJIAN MADRASAH
Langkah- Langkah Cetak Kartu
Menu cetak kartu berfungsi untuk mencetak kartu peserta UAMBN selain di aplikasi PDUM cetak kartu juga bisa di lakukan di aplikasi offline UAMBNBK jika sudah melakukan sinkronisasi data. Berikut tampilan halaman menu cetak kartu tersebut.
Langakah-langkah menampilkan cetak kartu :
1) Klik menu peserta UAMBN, kemudian klik sub menu Cetak kartu
2) Untuk menampilkan data cetak kartu sesuai filter yang dipilih, klik tombol “Pencarian” maka akan tampil halaman form pencarian sebagai berikut.
Pangkalan DataUjian Madrasah |
3) Kemudian untuk mencetak kartu, klik tombol “Cetak Kartu” kemudian klik tombol print. Maka akn tampil halaman print out sebagai berikut
Pangkalan DataUjian Madrasah |
Senin, 17 Desember 2018
PATCHINGRAPORT.ZIP KE 4, APLIKASI RAPORT ARD OFFLINE
ARD OFFLINE Atau aplikasi rapor offline terus ada pembenahan, setelah adanya patching rapor ke 3 kini pembenahan selanjutnya ada pada patching rapor ke 4.
Dengan adanya Ard offline patching 4 ini harapan semoga Ard offline mampu digunakan para operator untuk secara maksimal memanfaatkan aplikasi rapor tersebut.
Selain operator juga terdapat peran penting para dewan guru karena tidak akan mungkin rapor ini tersusun maksimal jika hanya dikerjakan oleh operator saja, karena pengaturan Ard offline sampai ke percetakan rapor membutuhkan waktu yang cukup lama, belum lagi kalau Ard offline masih ada permasalahan yang harus dicari solusinya.
Ard Offline telah meluncurkan patching rapor ke 4 semoga Ard dapat dimanfaatkan seluruh madrasah atau sekolah dalam mempersatukan penilaian siswa.
Ard offline atau aplikasi rapor untuk melengkapi aplikasi ini bisa anda download patching rapor 4.
Download Patchingrapor4
PDUM- LANGKAH-LANGKAH CEK PESERTA UJIAN PADA PDUN/ PANGKALAN DATA UJIAN MADRASAH
LANGKAH-LANGKAH CEK PESERTA UJIAN PADA PDUN/ PANGKALAN DATA UJIAN MADRASAH
Pada kegiatan ujian madrasah dan ujian nasional tahun ajaran 2018/2019 operator proktor akan segera mengolah pendataan pada pangkalan data ujian madrasah.
Setelah ARD yang bersifat Online atau juga Ard Offline semester gazal selanjutnya operator madrasah akan mengerjakan PDUM.
Pada kesempadan ini untuk mengerjakan PDUM mengecek peserta ujian madrasah ada beberapa langkah-langkah sebagai berikut
Langkah Cek Data Siswa
Daftar data siswa pada aplikasi PDUM bersumber dari pihak madrasah yang telah menginputkan terlebih dahulu data siswa yang mengikuti ujian UAMBN baik UAMBN-BK atau UAMBN-KP. Berikut tampilan halaman data siswa dibawah ini.
Pangkalan DataUjian Madrasah
Langkah-langkah menampilkan dan menambahkan data siswa :
Pangkalan Data Ujian Madrasah |
1) Klik menu peserta UAMBN, kemudian klik sub menu Data siswa
2) Berikut adalah tampilan data siswa yang sudah diinputkan
3) Pada tabel aksi terdapat 3 tombol yaitu tombol “Kaca Pembesar” berfungsi untuk menampilkan detail data siswa yang mengikuti ujian, tombol “Pensil” berfungsi untuk mengedit data siswa jika sewaktu waktu ada perubahan pada data siswa tersebut dan tombol “Delete” berfungsi untuk menghapus data siswa
4) Selanjutnya untuk menampilkan data siswa sesuai filter yang kita inginkan klik tombol “Pencarian” maka akan tampil halaman form pencarian sebagai berikut
Pangkalan Data Ujian Madrasah |
Pangkalan Data Ujian Madrasah
5) Untuk menambahkan data siswa baru klik tombol “Tambah Baru” maka akan tampil halaman form input sebagai berikut
Pangkalan Data Ujian Madrasah |
Pangkalan Data Ujian Madrasah
6) Isi form asal madrsah seperti pilih dropdown nama provinsi dan nama kabupaten
7) Kemudian pilih jenjang madrasah, jurusan siswa tersebut dan nama madrasah
8) Isi form biodata siswa seperti isi NISN dan NIK
9) Isi nama siswa, agama dan jenis kelamin
10) Isi tempat dan tanggal lahir
11) Isi nama orangtua/wali, dan nama rombel siswa tersebut
Pangkalan Data Ujian Madrasah |
12) Unggah foto siswa
13) Kemudian pilih tahun ajaran pelaksaan UAMBN
14) Pilih metode UAMBN dan no urut siswa
15) Isi sesi, serve dan status pelaksaan UAMBN
16) Kemudian isi password dan ulangi password
17) Klik Simpan untuk menyimpan data siswa yang akan ditambahkan tersebut
Minggu, 16 Desember 2018
CETAK ABSENSI SIMPATIKA (S35) BULAN DESEMBER
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Disampaikan dengan hormat, sehubungan dengan telah berakhirnya Kegiatan Belajar Mengajar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan ini Kami menghimbau kepada seluruh lembaga RA/Madrasah agar segera melakukan update kehadiran SIMPATIKA Bulan Desember dan menyampaikan hasil print out S35 ke Seksi Pendidikan Madrasah paling lambat hari Rabu, 19 Desember 2018 pukul 16.00. (tidak perlu menggunakan MAP, cukup ditulis di pojok kanan atas dengan pensil no urut pemberkasan TPG, contoh untuk kategori Inpassing, ditulis INPASSING ....... (tulis sesuai nomor urut), untuk kategori reguler/non inpassing ditulis REG ....... (tulis sesuai nomor urut), untuk kategori PNS ditulis PNS ......... (tulis sesuai nomor urut).
Demikian pengumuman ini disampaikan untuk segera di tindaklanjuti atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Sabtu, 15 Desember 2018
PDUM- LANGKAH-LANGKAH UPLOAD PESERTA UJIAN PADA PANGKALAN DATA UJIAN MADRASAH
Tahapan penggunaan aplikasi pangkalan data ujian madrasah atau PDUM setelah berhasil melengkapi profil proktor dan melengkapi data madrasah selanjutnya Proktor mengupload Peserta Ujian Madrasah di PDUM, untuk tahapan ini ada beberapa langkah untuk melengkapi data peserta Ujian Madrasah antara lain :
Langkah 3 Upload Peserta
Upload data peserta adalah menu untuk mengupload data siswa yang mengikuti ujian UAMBN baik UAMBN-BK atau UAMBN-KP melalui format excell yang sudah disediakan dan tidak di perkenankan untuk merubah-rubah kembali format tersebut, sehingga bisa menghemat waktu karena tidak menginputkan data siswa satu-satu. Berikut tampilan halaman menu upload peserta sebagai berikut
Langkah-langkah menampilkan data upload peserta :
1) Klik menu peserta UAMBN kemudian klik sub menu upload peserta
2) Berikut adalah tampilan dokumen data peserta yang sudah di inputkan
3) Kemudian pada tabel aksi terdapat 2 tombol yaitu tombol “unduh” berfungsi untuk mengunduh dokumen upload peserta jika sewaktu waktu operator membutuhkannya dan tombol “Delet” berfungsi untuk menghapus dokumen data peserta tersebut
4) Selanjutnya untuk menampilkan dokumen upload peserta sesuai kata kunci yang kita inginkan klik tombol “Pencarian” maka akan tampil halaman form pencarian sebagai berikut
5) Untuk menambahkan dokumen upload peserta baru klik tombol “Tambah Baru” maka akan tampil halaman form upload sebagai berikut
6) Unduh format .xlxs yang sudah disediakan, dan tidak diperkenankan untuk merubah format tersebut, berikut tampilan halaman format excel upload peserta UAMBN
7) Kemudian provinsi dan kabupaten/kota otomatis terisi ketika sudha mengisi data madrasah
8) Kemudian pilih tahun ajaran madrasah
9) Selanjutnya unggah kembali format excell yang di unduh tadi tentunya sudah terisi data siswa peserta UAMBN, Upload berulang-ulang masih diizinkan sampai batas waktu yang akan diumumkan selanjutnya. Upload berulang akan menghapus dan menimpa data siswa sebelumnya yang sudah diupload.
10) Klik Simpan untuk menambahkan dokumen data peserta tersebut
Untuk Lebih lengkapnya silahkan Download Panduan Penggunaan Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah Operator Proktor Madrasah
Langkah 3 Upload Peserta
Upload data peserta adalah menu untuk mengupload data siswa yang mengikuti ujian UAMBN baik UAMBN-BK atau UAMBN-KP melalui format excell yang sudah disediakan dan tidak di perkenankan untuk merubah-rubah kembali format tersebut, sehingga bisa menghemat waktu karena tidak menginputkan data siswa satu-satu. Berikut tampilan halaman menu upload peserta sebagai berikut
Langkah-langkah menampilkan data upload peserta :
1) Klik menu peserta UAMBN kemudian klik sub menu upload peserta
2) Berikut adalah tampilan dokumen data peserta yang sudah di inputkan
3) Kemudian pada tabel aksi terdapat 2 tombol yaitu tombol “unduh” berfungsi untuk mengunduh dokumen upload peserta jika sewaktu waktu operator membutuhkannya dan tombol “Delet” berfungsi untuk menghapus dokumen data peserta tersebut
4) Selanjutnya untuk menampilkan dokumen upload peserta sesuai kata kunci yang kita inginkan klik tombol “Pencarian” maka akan tampil halaman form pencarian sebagai berikut
5) Untuk menambahkan dokumen upload peserta baru klik tombol “Tambah Baru” maka akan tampil halaman form upload sebagai berikut
6) Unduh format .xlxs yang sudah disediakan, dan tidak diperkenankan untuk merubah format tersebut, berikut tampilan halaman format excel upload peserta UAMBN
7) Kemudian provinsi dan kabupaten/kota otomatis terisi ketika sudha mengisi data madrasah
8) Kemudian pilih tahun ajaran madrasah
9) Selanjutnya unggah kembali format excell yang di unduh tadi tentunya sudah terisi data siswa peserta UAMBN, Upload berulang-ulang masih diizinkan sampai batas waktu yang akan diumumkan selanjutnya. Upload berulang akan menghapus dan menimpa data siswa sebelumnya yang sudah diupload.
10) Klik Simpan untuk menambahkan dokumen data peserta tersebut
Untuk Lebih lengkapnya silahkan Download Panduan Penggunaan Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah Operator Proktor Madrasah
PDUM- LANGKAH-LANGKAH MELENGKAPI DATA MADRASAH PADA PDUM/ PANGKALAN DATA UJIAN MADRASAH
Panduan Penggunaan Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah Operator Proktor pada tahapan pengguna aplikasi PDUM ada langkah untuk melengkapi data Madrasah setelah operator proktor PDUM atau pangkalan data ujian madrasah selesai melengkapi data Proktor maka tahapan selanjutnya ialah melengkapi data madrasah, adapun langkah-langkah melengkapi data madrasah pada pangkalan pendataan ujian madrarah sebagai berikut :
Pada menu ini user proktor melengkapi data madrasah dengan mengisi form form yang sudah di sediakan, seperti data umum, data pelaksanaan UAMBN, data kepala madrasah, dan data operator madrasah proktor.berikut tampilan halaman menu sebagai berikut.
Langkah-langkah menampilkan dan menambahkan data madrasah:
1) Klik menu data madrasah
2) Isi NPSN dan NSM madrasah
3) Kemudian isi nama madrasah
4) Pilih status madrasah tersebut negeri atau swasta
5) Isi alamat lengkap madrasah
6) Kemudian pilih dropdown kecamatan dan kelurahan madrasah, selanjutnya isi kode pos dan website (opsional)
7) Pilih titik koordinat madrasah tersebut
8) Atau isi latitude dan longitude madrasah untuk menentukan titik koordinat madrasah
9) Unggah logo madrasah
10) Isi zona waktu daerah
11) Kemudian pilih metode UAMBN dan Status Pelaksaan ujian di madrasah tersebut madiri, gabung akreditasi atau gabung non akreditasi, jika madrasah sudah menentukan pelaksanaan ujian “Mandiri” maka madrasah akan menampilkan useename dan password untuk login ke aplikasi UAMBNBK yang terletak di halaman awal mukadimah. Berikut tampilan halaman dibawah ini
12) Isi form data kepala madrasah terdiri dari nama kepala madrasah dan NIP/No Kepegawaian kepala madrasah tersebut
13) Selanjutnya isi data proktor madrasah terdiri dari nama proktor
14) Kemudian isi Password dan ulangi password untuk login ke dalam aplikasi, Isi no HP dan Email proktor untuk memudahkan dalam komunikasi
15) Jika form telah diisi dengan sesuai dan benar klik Simpan untuk meyimpan data madrasah yang akan di tambahkan
Untuk Lebih lengkapnya silahkan Download Panduan Penggunaan Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah Operator Proktor Madrasah
Langganan:
Postingan (Atom)