Visitor

Kamis, 28 Juli 2016

2 Cara Mengecilkan Ukuran Gambar (Hasil Scan Dokumen)

Banyak cara untuk mengecilkan ukuran gambar atau hasil scan dokumen. Namun Ayo Madrasah kali ini hanya akan berbagi dua cara yang paling mudah dalam memperkecil ukuran suatu gambar ataupun hasil pemindaian dokumen.

Dalam kegiatannya, Operator Madrasah kerap kali diharuskan untuk mengunggah (upload) gambar dalam beberapa layanan pendataan online. Salah satunya dalam Verval Satuan Pendidikan yang tengah diselenggarakan oleh Emis Pendis Kemenag. Dalam Verval SP ini, hasil scanning beberapa dokumen madrasah seperti Piagam Pendirian Madrasah, Ijin Operasional. Piagam Akreditasi, dan SK Kemenkumham harus diunggah dalam format JPG, PNG, BMP, atau GIF dengan ukuran maksimal file, 200 KB.

VervalSP PDSPK Kemdikbud dan Layanan Simpatika (Verval NRG dan Verval Inpassing) pun mensyaratkan unggah file atau gambar.

Masalahnya, setelah melakukan scan dokumen, kadang kala file (gambar) yang dihasilkan memiliki ukuran melebihi dari yang telah ditentukan. Jika dipaksakan untuk diupload, bisa dipastikan akan ditolak oleh sistem dan gagal.

Mau tidak mau, ukuran file gambar-gambar hasil scanning dokumen tersebut harus dikecilkan terlebih dahulu. Pertanyaannya, bagaimana cara mengecilkan ukuran gambar tersebut?

Cara Memperkecil Ukuran (Resize) Gambar


Mengecilkan Ukuran Gambar


Ada banyak aplikasi dan cara yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran gambar. Berbagai program pengolah gambar dan foto seperti Photoshop, CorelDraw, dan Photoscape bisa mengatasinya dengan mudah. Mampu memperkecil gambar hingga ukuran yang dikehendaki. Sayangnya program-program tersebut tidak selalu terinstal di komputer. Kalaupun ada, biasanya membutuhkan keahlian khusus untuk mengoperasikannya.

Untungnya windows, sebagai OS komputer yang paling populer dan banyak digunakan, secara default (bawaan) telah dilengkapi dengan aplikasi pengolah gambar yang memiliki kemampuan untuk mengecilkan ukuran gambar. Tidak cukup satu, bahkan disertakan dua sekaligus.

Keduanya adalah Paint dan Microsoft Office Picture Manager.

Kedua aplikasi ini bisa dipastikan terdapat di dalam komputer yang beroperasi sistem windows. Karena memang keduanya adalah program bawaan dari windows dan office. Dan kali ini Ayo Madrasah akan memberikan tutorial cara memperkecil ukuran gambar dengan menggunakan Paint dan Microsoft Office Picture Manager.

Cara Mengecilkan Gambar dengan Paint


Untuk mengecilkan ukuran gambar dengan menggunakan Paint, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka program Paint dengan cara, klik tombol Stat >> All Program >> Accessories >> Paint
  2. Dapat juga dibuka dengan cara, klik tombol Stat >> ketikkan kata 'paint' pada kotak 'search' >> klik Paint
  3. Setelah program Paint terbuka, buka gambar yang hendak diperkecil dengan cara klik panah di pojok kiri atas >> klik Open
  4. Muncul jendela Open. Cari dan pilih gambar yang hendak dikecilkan ukurannya. Jika sudah ketemu klik ganda pada gambar atau klik gambar lalu klik 'Open'
  5. Gambar pun muncul. Tinggal kita kecilkan ukurannya.
  6. Klik menu 'Rezise' atau gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl + W
  7. Muncul jendela 'Resize and Skew'
  8. Pilih 'Rezise by Percentage' atau 'Pixel'
  9. Ubah angka yang terdapat pada kolom 'Horizontal' dan 'Vertical' menjadi lebih kecil
  10. Klik 'OK'
  11. Simpan gambar yang telah diperkecil dengan cara mengklik panah di pojok kiri atas >> klik Save As >> pilih format gambar (PNG, JPEG/JPG, BMP, GIF)
  12. Muncul jendela lokasi penyimpanan. Namai gambar tadi dan pilih folder tempat menyimpan gambar lalu klik 'Save'
  13. Cek gambar yang telah diperkecil apakah ukurannya sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum. Jika masih terlalu besar, ulangi cara mengecilkan gambar dari awal.
Untuk memperjelas, silakan simak video tutorial berikut ini.


Langkah pada nomor 1 - 4 di atas dapat juga diganti dengan:
  1. Buka Folder lokasi gambar yang akan diperkecil ukurannya.
  2. Klik kanan pada gambar yang dipilih
  3. Pilih 'Open with' >> Paint

Cara Mengecilkan Gambar dengan Microsoft Office Picture Manager


Aplikasi kedua untuk memperkecil ukuran gambar adalah Microsoft Office Picture Manager. Cara mengecilkan gambar dengan program ini adalah:

  1. Buka Folder lokasi gambar yang akan diperkecil ukurannya.
  2. Klik kanan pada gambar yang dipilih
  3. Pilih 'Open with' >> Microsoft Office Picture Manager
  4. Program Microsoft Office Picture Manager terbuka dengan menyertakan gambar yang hendak diperkecil
  5. Klik menu 'Picture'
  6. Klik submenu 'Resize'
  7. Di sebelah kanan jendela muncul 'Pengaturan Resize'
  8. Klik 'Custom width x height'
  9. Ganti ukuran (angka) di salah satu kolom 'Custom width x height' (kolom satunya akan otomatis menyesuaikan)
  10.  Di bagian bawah akan dimunculkan ukuran asli (original size) dan ukuran hasil resize (New size)
  11. Jika sudah sesuai yang diinginkan, klik 'OK'
  12. Simpan gambar yang telah diperkecil dengan cara mengklik menu 'File' >> 'Save As...'
  13. Muncul jendela lokasi penyimpanan. Namai gambar tadi dan pilih folder tempat menyimpan gambar lalu klik 'Save'
  14. Cek gambar yang telah diperkecil apakah ukurannya sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum. Jika masih terlalu besar, ulangi cara mengecilkan gambar dari awal.
Untuk lebih jelasnya, simak video tutorial mengecilkan gambar dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager berikut ini.


Langkah-langkah pada nomor 1 - 4 dapat diganti dengan:
  1. Klik tombol 'Stat' >> Microsoft Office >> Microsoft Office Tools >> Microsoft Office Picture Manager.
  2. Atau, klik tombol Stat >> ketikkan kata 'Picture Manager' pada kotak 'search' >> Microsoft Office Picture Manager.
Demikianlah cara mudah mengecilkan gambar atau hasil scan dokumen dengan menggunakan dua aplikasi windows. Operator Madrasah dapat memilih salah satunya untuk menunjang dan mempermudah kerja operator terutama terkait upload gambar yang mensyaratkan ukuran maksimal.

Rabu, 27 Juli 2016

Cara Scan Dokumen dan Gambar

Cara scan dokumen dan gambar ini akan sangat berguna bagi Operator Madrasah dalam berbagai kegiatannya. Scan dokumen dan gambat, salah satunya dibutuhkan untuk keperluan VervalSP (Verval Satuan Pendidikan) di layanan Emis. Sebagaimana yang diketahui, saat Verval SP Operator harus mengupload (mengunggah) hasil scan beberapa dokumen dengan persyaratan tertentu.

Dokumen yang harus dipindai (scan) kemudian diupload (unggah) tersebut antara lain Piagam Pendirian Madrasah, Izin Operasional, Piagam Akreditasi, dan SK Kemenkumham.

Dokumen-dokumen tersebut harus discan dalam format JPG, PNG, GIF, atau BMP dengan ukuran tidak melebihi 200 kb.

Selain pada VervalSP Emis, berbagai layanan pendataan online juga kerap mensyaratkan unggah hasil scan dokumen. Layanan itu seperti:

  • Verval Satuan Pendidikan PDSPK Kemdikbud; unggah hasil scan dokumen Ijin Operasional
  • Simpatika; unggah hasil scan SK Inpassing (Verval Inpassing), unggah hasil scan Piagam NRG dan Ijazah Terakhir (Verval NRG)
Di samping itu ada baiknya dokumen-dokumen penting yang dimiliki oleh  Madrasah dan guru didokumentasi dalam bentuk digital (di-scan dan disimpan dalam bentuk file) sehingga ketika suatu saat membutuhkannya akan lebih cepat didapatkan.

Scan Dokumen


Scan atau Foto?


Untuk mendapatkan gambar dokumen tersebut dalam format JPG, PNG, GIF, atau BMP, Operator Madrasah bisa menggunakan dua cara yaitu dengan cara dipindai (scan) dengan scanner atau dengan cara difoto dengan menggunakan kamera (termasuk menggunakan kamera hape).

Namun Ayo Madrasah tidak merekomendasikan menggunakan kamera. Dengan menggunakan kamera memang prosesnya lebih mudah dan ukuran filenya langsung kecil. Akan tetapi gambar yang dihasilkan bisa jadi kurang bagus dan kurang jelas terbaca. Apalagi terhadap dokumen dengan tulisan yang banyak dan kecil.

Jadi sebisa mungkin, dokumen yang akan diunggah tersebut discan terlebih dahulu dengan scanner. Toh, saat ini sudah tersedia berbagai jenis scanner (baik scanner khusus maupun yang terintegrasi dengan printer) dengan harga yang terjangkau.

Bukan menggunakan gambar hasil foto kamera.

Cara Scan Dokumen dan Gambar


Bagaimana cara melakukan scan dokumen?

Untuk melakukan pemindaian (scanning) bisa memanfaatkan bantuan berbagai software pengolah gambar. Software-software tersebut biasanya dilengkapi dengan tool scanner. Photoshop, CorelDraw, Photoscape, Picasa, GIMP hingga software bawaan office semacam Paint memiliki tool untuk men-scan gambar.

Bahkan jika tidak memiliki salah satupun aplikasi pengolah gambar sebagaimana tersebut di atas, windows masih memiliki aplikasi khusus untuk melakukan scan gambar. Aplikasi ini bawaan windows jadi secara otomatis terpasang di semua komputer yang memakai OS Windows. Namanya "Windows Fax and Scan".

Kali ini kita akan mempraktekkan cara scan dokumen dengan menggunakan Windows Fax and Scan.

Simak video tutorial Cara Scan Dokumen dengan program Bawaan Windows berikut ini. Penjelasannya bisa di baca di bawah video.




Penjelasan Cara Scan Dokumen

  1. Hubungkan pemindai (alat scan) dengan komputer
  2. Masukkan dokumen yang akan dipindai dalam scanner
  3. Klik tombol "stat" windows
  4. Klik "All Program" >> Windows Fax and Scan
  5. Dapat juga dengan cara : Ketikkan kata "scan" pada kotak "search" di tombol stat >> Klik Windows Fax and Scan
  6. Setelah muncul halaman "Windows Fax and Scan" klik "New Scan"
  7. Muncul jendela New Scan, lakukan pengaturan yang diperlukan
  8. Klik "Preview"
  9. Muncul tampilan gambar yang akan di-scanning
  10. Untuk mengatur 'batas gambar yang discanning', hilangkan tanda cek pada "Preview or scan images as separates file"
  11. Atur batas gambar yang diinginkan dengan cara men-drag pojok garis batas
  12. Jika sudah tepat, klik "Scan"
  13. Tunggu hingga proses scanning selesai
  14. Gambar hasil scanning ditampilkan. Gambar tersebut dapat dipindahkan ke folder yang diinginkan.

Baca beberapa tips lain yang bermanfaat bagi Operator Madrasah:

Demikianlah cara melakukan scan dokumen atau gambar. Semoga tutorial dan tips sederhana ini dapat memberi manfaat pada Operator Madrasah dalam melaksanakan tugasnya.

Selasa, 26 Juli 2016

Cara Melakukan Verval SP Melalui Emis Lengkap

Sebagaimana diketahui, tahun ini Ditjen Pendis tahun ini meluncurkan Verval Satuan Pendidikan (Verval SP) melalui layanan emis. Verval SP ini wajib diikuti oleh semua RA dan Madrasah di seluruh Indonesia. Pertanyaannya, bagaimana cara melakukan Verval SP melalui layanan Emis ini?

Cara melakukan Verval SP di layanan Emis SDM ini ternyata tidak terlalu sulit. Simak tutorial Verval SP melalui Emis berikut ini.

Persiapan Melakukan VervalSP Melalui Emis


Sebelum melakukan Verval SP di layanan Emis SDM, sebelumnya Operator Madrasah harus mempersiapkan beberapa hal sebagaimana berikut.

Tutorial Verval SP Emis

1. Siapkan Dokumen dan Data yang Diperlukan


Verval SP melalui Emis ini terdiri atas 6 item. keenamnya meliputi lokasi Madrasah, Verval Lembaga, Piagam, Ijin Operasional, SK Akreditasi, dan SK Kemenkumham. Agar verval dapat berjalan dengan lancar ada baiknya Operator Madrasah mempersiapkan lebih awal dokumen dan data yang terkait.

  1. Lokasi dimana RA/Madrasah terletak berdasarkan peta google map.
  2. Data pokok Madrasah seperti nama lembaga, status madrasah, NSM, kategori geografis dan wilayah madrasah, dan alamat madrasah.
  3. Scan asli dokumen yang terdiri atas Piagam pendirian Madrasah, Ijin Operasional, SK Akreditasi terakhir, dan SK Kemenkumham Yayasan yang menaungi madrasah. Hasil scan disimpan dalam format JPG, PNG, GIF, atau BMP dengan ukuran masing-masing maksimal 200 kb.
Khusus dokumen sebagaimana disebutkan di poin ketiga, jika RA/Madrasah tidak memiliki lengkap (empat dokumen), maka madrasah dapat mengupload sebatas dokumen yang dimiliki.Sehingga jika RA/Madrasah tersebut belum melakukan akreditasi, maka tidak perlu mengupload dokumen SK Akreditasi. Demikian juga jika Yayasan tempat lembaga tersebut belum memiliki SK Kemenkumham (hanya memiliki Akta Notaris saja), maka tidak perlu melakukan unggah SK Kemenkumham.

2. Cermati Jadwal Pelaksanaan Verval SP


Untuk menghindari 'server down' dalam pelaksanaan Verval Satuan Pendidikan, Tim Emis telah membuat Jadwal Pelaksanaan Verval SP bagi RA dan Madrasah. 

Dalam jadwal tersebut telah ditentukan 6 kelompok waktu VervalSP yang dimulai dari tanggal 22 Juli hingga 17 Agustus. Masing-masing wilayah memiliki waktu antara 4 sampai 5 hari untuk melakukan Verval SP. Di luar waktu yang ditentukan tersebut maka akses untuk Verval akan ditutup.

Karena itu setiap Operator Madrasah harus melihat jadwal pelaksanaan Verval SP. Jadwal tersebut dapat diunduh di situs 'http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/' pada menu 'Rupa-rupa' >> 'Unduh Aplikasi/Dokumen' >> 'Jadwal Verval Satuan Pendidikan'

Jadwal lengkap dapat juga dibaca dan diunduh di Ayo Madrasah. Klik artikel berikut ini : Jadwal Verval Satuan Pendidikan EMIS SDM Lengkap 


3. Siapkan Akun Emis Madrasah Masing-masing


Bisa jadi ada Madrasah atau Operator Madrasah yang lupa dengan Nama Pengguna dan Password untuk login ke akun Emis SDM yang beralamat di 'http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm'. Jika iya (tidak bisa login ke Emis SDM), silakan lakukan tindakan sebagaimana diterangkan di artikel: Jika Lupa Password Login EMIS Online

Tutorial Verval Satuan Pendidikan di Layanan EMIS


Setelah tiba pada giliran, sesuai dengan jadwal, Operator Madrasah segeralah melakukan Verval SP dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Login ke Web Emis SDM


Pertama, operator madrasah harus login ke web Emis SDM, caranya:

Login Verval SP Emis

  1. Buka situs Emis SDM di alamat: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/
  2. Masukkan Nama Pengguna (email) dan Password sebagaimana yang dimiliki lalu klik 'Sign in'
  3. Jika berhasil login, akan muncul halaman beranda berisikan peta lokasi madrasah.
    - Jika muncul peringatan "Pengumuman Verval, Untuk pemutakhiran data satuan pendidikan, lokasi geografis, dan seterusnya" berarti Anda melakukan Verval di waktu yang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
    - Jika tidak muncul halaman peta lokasi madrasah, klik menu 'Beranda' yang terdapat di sebelah kiri.
  4. Mulailah melakukan update data dan dokumen Madrasah yang meliputi:
    - Update peta lokasi RA/Madrasah
    - Update data pokok lembaga
    - Update dan Upload Piagam Madrasah
    - Update dan Upload Ijin Operasional
    - Update dan Upload SK Akreditasi
    - Update dan Upload SK Kemenkumham
    Masing-masing akan dijelaskan satu persatu sebagaimana di bawah ini.

2. Update Peta Lokasi Madrasah


Untuk melakukan update peta lokasi RA/Madrasah, caranya adalah:
  1. Klik balon berwarna merah yang terdapat di dalam peta
  2. Drag (kilik tahan sambil menggeser kursor) balon tersebut ke lokasi yang sesuai (lokasi tempat RA/Madrasah berada)
  3. Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan peta, gunakan tombol plus minus ( + dan - ) di pojok kanan bawah. Bisa juga menggunakan roll pada mouse.
  4. Untuk berganti mode tampilan menjadi tampilan peta atau satelit, gunakan tombol di pojok kiri atas
  5. Jika balon merah sudah berada di lokasi yang tepat, klik tombol "update lokasi" yang berwarna merah yang ada di sebelah atas peta, di samping garis bujur dan lintang.
  6. Muncul konfirmasi "Data Geografis sudah disimpan" klik "OK"
Selengkapnya lihat video tutorial berikut ini.


Update peta lokasi RA/Madrasah selesai.


3. Update Data Lembaga


Cara melakukan update data lembaga pada VervalSP Emis adalah sebagai berikut:
  1. Klik menu "Verval Lembaga"
  2. Terdapat dua bagian data, yaitu "Data Lama" yang berada di sebelah kiri dan "Data Baru" yang berada di sebelah kanan. Yang akan kita isi adalah "Data Baru"
  3. Klik pada kolom-kolom yang belum berisi. Kolom-kolom itu meliputi:
    - Nama Lembaga (Isi sesuai dengan nama lembaga Ijin Operasional atau Piagam Pendirian)
    - Status (Swasta atau Negeri)
  4. Kategori Geografis (tinggal memilih pilihan yang tersedia)
  5. Kategori Wilayah (tinggal memilih pilihan yang tersedia)
  6. Alamat, dengan ketentuan, Penulisan alamat berupa nama jalan, no, RT, dan RW, tanpa nama desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi dengan penulisan huruf besar pada awal kata saja. Contoh : "Jl. Masjid Kijingan No. 3" atau "RT. 01 RW. 01"
  7. Klik Simpan

4. Update dan Upload Piagam Madrasah


Sebelum melakukan update data dan upload Piagam Madrasah, sebelum persiapkan dulu scan Piagam Madrasah yang disimpan dalam format JPG, BMP, GIF, atau PNG dengan besar file maksimal 200 kb.

Jika sudah, mari dilanjutkan dengan update data dan unggah Piagam Madrasah. Caranya:
  1. Klik menu "Piagam"
  2. Di bagian atas akan muncul data Nama Lembaga, Status, dan NSM
  3. Di bagian Dokumen sub-bagian Piagam Pendirian terdapat tiga isian, yakni Nomor Piagam, Tanggal, dan File
  4. Pada kolom Nomor Piagam, isikan Nomor Piagam sebagaimana yang tertera dalam Piagam Madrasah yang dimiliki
  5. Pada kolom tanggal, klik gambar 'kalender' maka akan muncul tanggal yang bisa dipilih. Jika tahun yang diinginkan tidak terlihat (tidak muncul), silakan baca artikel sebelumnya tentang Cara Mengatasi Tahun yang Tidak Muncul di VervalSP Emis, link artikel di bagian bawah.
  6. Upload (unggah) hasil scan Piagam Madrasah yang dimiliki dengan cara meng-klik tombol "Pilih File", kemudian cara file hasil scan yang sebelumnya telah disimpan di dalam komputer.
  7. Jika sudah selesai, klik Simpan.
Jika bermasalah dengan tahun yang tidak muncul, baca artikel: Cara Mengatasi Tahun yang Tidak Muncul di VervalSP Emis

5. Update Data dan Upload Ijin Operasional


Sama seperti Piagam Madrasah, sebelumnya persiapkan dulu scan Ijin Operasional Madrasah.

Untuk melakukan update dan upload Ijin Operasional, caranya adalah:
  1. Klik menu "Ijin Operasional"
  2. Sama seperti pada bagian Piagam Madrasah, Operator harus mengupdate data Ijin Operasional yang meliputi Nomor Ijin Operasional, Tanggal Ijin Operasional, dan Uplaod hasil scan Ijin Operasional.
  3. Jika sudah selesai, klik Simpan

6. Update Data dan Upload SK AKreditasi


Bagi RA dan Madrasah yang telah berakreditasi, wajib untuk melakukan update data dan upload SK Akreditasi. Sedangkan bagi Ra/Madrasah yang belum terakreditasi, bisa mengabaikan bagian ini (tidak mengisinya).

Cara update data dan upload SK Akreditasi adalah sebagai berikut:
  1. Klik menu "SK Akreditasi"
  2. Seperti pada menu Piagam Madrasah dan Ijin Operasional, Operator Madrasah harus melakukan isian data terkait Nomor SK Akreditasi, Tanggal SK Akreditasi, dan Upload hasil scan SK AKreditasi.
  3. Jika sudah, klik Simpan

7. Update Data dan Upload SK Kemenkumham


Menu ini hanya bagi RA dan Madrasah Swasta yang yayasan tempatnya bernaung telah memiliki SK Kemenkumham. Bagi Madrasah Negeri tidak perlu melakukan update menu ini. Demikian juga bagi RA/Madrasah swasta yang yayasannya hanya memiliki Akta Notaris dan belum memiliki SK Kemenkumham.

Namun karena sesuai peraturan perundangan saat ini, setiap yayasan harus terdaftar dan memiliki SK Kemenkumham, maka setiap RA/Madrasah diharapkan untuk mendorong yayasan tempatnya bernaung untuk sesegera mungkin mengurus penerbitan SK Kemenkumham melalui notaris terdekat.

Cara melakukan update data dan upload SK Kemenkumham aadalah sebagai berikut:
  1. Klik menu "SK Kemenkumham"
  2. Seperti pada menu-menu sebelumnya, Operator Madrasah harus melakukan isian yang meliputi Nomor SK Kemenkumham, Tanggal terbit SK Kemenkumham, dan upload hasil scan SK Kemenkumham.
  3. Jika sudah selesai klik "Simpan"
Untuk tampilan Verval SP Emis SDM, silakan simak video tutorial berikut ini:


Atau baca di artikel : Verval SP melalui Emis

8. Menu Konfirmasi


Menu konfirmasi, sebagaimana pada upload hasil backup Emis, merupakan menu untuk mengirim hasil update ke server pusat. Ketika menu ini diklik maka data akan terkirim dan Operator Madrasah akan tertutup aksesnya untuk melakukan perbaikan.

Karena itu sebelum mengklik menu konfirmasi, pastikan semua isian telah benar.

Jika setelah mengklik menu "Konfirmasi" ternyata kemudian menemukan data yang salah, Operator Madrasah dapat melakukan perbaikan dengan terlebih dahulu meminta "pembukaan akses" kepada admin Emis di tingkat Kabupaten/Kota. Terkait syarat melakukan "pembukaan akses" untuk perbaikan data ini tentunya tergantung masing-masing Kabupaten/Kota.

Demikian langkah-langkah cara yang harus dilakukan untuk melakukan Verval Satuan Pendidikan mulai dari entri data hingga uplaod hasil scan dokumen. Baik untuk peta lokasi, verval data pokok madrasah, Piagam Madrasah, Ijin Operasional, SK Akreditasi, maupun SK Kemenkumham.

Selamat ber-verval SP!

Senin, 25 Juli 2016

Daftar MA Negeri di Jawa Barat

Daftar MA Negeri (MAN) di provinsi Jawa Barat. Jawa Barat memiliki banyak Madrasah Aliyah Negeri dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Total terdapat 77 MAN di Jawa Barat. Jumlah ini menempatkan Jawa Barat di urutan kedua provinsi dengan jumlah MAN terbanyak di Indonesia. Hanya kalah dengan Jawa Timur yang memiliki 90 MA Negeri.

Baca juga artikel tentang jumlah madrasah lainnya:
  • Daftar MA Negeri di Banten
  • Daftar MTs Negeri di Jawa Barat
  • Daftar MI Negeri di Jawa Barat

MAN di Jawa Barat


Madrasah Aliyah Negeri adalah jenjang pendidikan menegah formal di Indonesia yang setara dengan Sekolah Menegah Atas (SMA) dengan pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama dan kepemilikannya dipegang oleh pemerintah.


Jumlah MAN di Provinsi Jawa Barat


Sebagaimana data yang Ayo Madrasah rangkum dari web Emis Pendis Kemenag (emispendis.kemenag.go.id), dari 763 MAN yang terdapat di seluruh Indonesia, 77 diantaranya terdapat di Provinsi Jawa Barat. Jumlah ini menempatkan Jawa Barat sebagai provinsi kedua dengan jumlah MAN terbanyak. Peringkat pertama adalah Jawa Timur dengan 90 MAN, dan peringkat ketiga disusuki Aceh dan Jawa Tengah dengan masing-masing 68 dan 65 MA Negeri.

Perbandingan Jumlah MAN

Di Jawa barat sendiri terdapat sendiri terdapat 1.075 Madrasah Aliyah. 77 diantaranya merupakan Madrasah Aliyah Negeri. Sedangkan sisanya, 998 merupakan Madrasah Aliyah Swasta.

Kabupaten/Kota di Jawa Barat dengan MAN terbanyak adalah Kabupaten Tasikmalaya dengan 7 MA Negeri. Disusul kemudian oleh Kabupaten Ciamis dengan 6 MA Negeri dan Kabupaten Bogor, Garut, dan Cirebon dengan masing-masing 5 MA Negeri. Satu-satunya Kabupaten dan Kota di Jawa Barat yang tidak memiliki MA Negeri adalah Kota Depok.

Daftar MAN di Jawa Barat


Daftar selengkapnya MA Negeri di Jawa Barat adalah seperti dalam tabel di bawah ini.

Dalam tabel tersebut, pada kolom Nama MA Negeri, masing-masing MAN memiliki dua nama. Nama pertama (di luar kurung) adalah nama lama yang sudah dikenal hingga sekarang. Sedangkan nama kedua (di dalam kurung), merupakan nama baru sesuai dengan KMA Nomor 212 Tahun 2015 tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Provinsi Jawa Barat.

NO NAMA MA NEGERI ALAMAT NO TELP
BANDUNG
1 MAN Ciparay (MAN 1 Bandung) Jl. Komp. Bumi Karya Cihuelang Desa/Kel Sumber Sari Kec Ciparay 022-5960006
2 MAN Majalaya (MAN 2 Bandung) Jl. Sastra No.21 C Desa/Kel Solokan Jeruk Kec Solokanjeruk 022-5959422
BANDUNG BARAT
3 MAN Cililin (MAN Bandung Barat) Jl.Raya Cililin Utara Desa/Kel Cililin Kec Cililin 022-6940014
BEKASI
4 MAN Cikarang (MAN 1 Bekasi) Jl. Ki Hajar Dewantara No. 43 Desa/Kel Karang Asih Kec Cikarang Utara 021-89103430
5 MAN 2 Bekasi (MAN 2 Bekasi) Jl. Amasraden No. 2 Desa/Kel Cibening Kec Setu 021-70200822
6 MAN Cabang Bungin (MAN 3 Bekasi) Komplek Tata Kota Lenggahjaya Rt 06/03 Desa/Kel Lenggahjaya Kec Cabang Bungin 021-89180552
7 MAN Tarumajaya (MAN 4 Bekasi) Kp. Pomashan Rt.01/04 Jl. Raya TaruMASjaya Desa/Kel Setia Mulya Kec Tarumajaya 021-92263064
BOGOR
8 MAN Cibinong (MAN 1 Bogor) Jl. Kayumanis Cirimekar Rt.05/04 Cibinong
9 MAN Parung Panjang (MAN 1 Bogor) Jl. Moh. Toha Desa/Kel Ds.Cibunar Kec Parungpanjang 021-5978375
10 MAN Leuwiliang (MAN 2 Bogor) Jl.Raya Leuwiliang Desa/Kel Ds.Sibanteng Kec Leuwisadeng 0251-8640911
11 MAN Jonggol (MAN 3 Bogor) Jl. Rawagumbira No. 39 Desa/Kel Sukamaju Kec Jonggol 021-89932183
12 MAN Cijeruk (MAN 4 Bogor) Kp.Cijambu Desa/Kel Cisalada Kec Cigombong 0251-220839
CIAMIS
13 MAN Darussalam Ciamis (MAN 1 Ciamis) Jl. KH. Ahmad Falil II PP Darussalam Desa/Kel Dewasari Kec Cijeungjing 0265-773624
14 MAN 2 Ciamis (MAN 2 Ciamis) Jl. Yos Sudarso No. 53 Desa/Kel Ciamis Kec Ciamis 0265-771432
15 MAN Cijantung (MAN 3 Ciamis) Jl. KH. Moch. Sirodj, Pesantren Al-Qur'an Cijantung Desa/Kel Dewasari Kec Cijeungjing 0265-772862
16 MAN Sukajadi (MAN 4 Ciamis) JL Sukajadi II RT06 RW 02 Desa/Kel Sukajadi Kec Pamarican 0265-652426
17 MAN Gegempalan (MAN 5 Ciamis) Jl Sukajadi No 4 Ds Maparah Kec Panjalu Desa/Kel Maparah Kec Panjalu 0265-7640366
18 MAN Rancah (MAN 6 Ciamis) Jl. Rumah Sakit No. 20 Situmandala Kab. Desa/Kel Situmandala Kec Rancah 0265-2732379
CIANJUR
19 MAN Cianjur (MAN 1 Cianjur) Jl. P. Hidayatullah Desa/Kel Sawahgede Kec Cianjur 0263-261900
20 MAN Pacet (MAN 2 Cianjur) Jl. Sindanglaya No.29 Desa/Kel Cipendawa Kec Pacet 0263-512343
21 MAN Tanggeung (MAN 3 Cianjur) Jl. Raya Tanggeung Km 1 Desa/Kel Tanggeung Kec Tanggeung 0263-363833
CIREBON
22 MAN Cirebon (MAN 1 Cirebon) Jl. Kantor Pos No.36 Weru Desa/Kel Weru Kec Weru 0231-321488
23 MAN Babakan Ciwaringin (MAN 2 Cirebon) Jl. Pesantren Selatan Desa/Kel Babakan Kec Ciwaringin 0231-342187
24 MAN Buntet Pesantren (MAN 3 Cirebon) JL. LPI Buntet Pesantren Desa/Kel Mertapadakulon Kec Astanajapura 0231-635166
25 MAN Ciledug (MAN 4 Cirebon) JL P Sutajaya 98 Desa/Kel Pabuaran Lor Kec Pabuaran 0231-663718
26 MAN Kalimukti (MAN 5 Cirebon) Ds. Kalimukti, Losari Desa/Kel Kalimukti Kec Pabedilan 0231-662310
GARUT
27 MAN Garut (MAN 1 Garut) Jl. Jend. Ahmad Yani Desa/Kel Suci Kec Karang Pawitan 0262-233550
28 MAN 2 Garut (MAN 2 Garut) Jl. Pembangunan No. 144 Desa/Kel Jayawaras Kec Tarogong Kidul 0262-231045
29 MAN Pameungpeuk (MAN 3 Garut) Jl. Miramareu No.361 Desa/Kel Sirnabakti Kec Pameungpeuk 0262-522922
30 MAN Cisewu (MAN 4 Garut) Jl. Purwabhakti No.54 Desa/Kel Cisewu Kec Cisewu 085221920796
31 MAN Cibatu (MAN 5 Garut) Jl. Raya Wanakerta Desa/Kel Wanakerta Kec Cibatu 0262-466916
INDRAMAYU
32 MAN Indramayu (MAN 1 Indramayu) Jl. Soekarno Hatta No. 3 Desa/Kel Pekandangan Kec Indramayu 0234-274094
33 MAN Karangampel (MAN 2 Indramayu) Jl. Raya Barat No. 99 Desa/Kel Karangampel Kidul Kec Karangampel 0234-484826
34 MAN Sukra (MAN 3 Indramayu) Jl. Raya Sumuradem Desa/Kel Sumuradem Kec Sukra 0234-612224
KARAWANG
35 MAN Cilamaya (MAN 1 Karawang) Jl.Lapang Karya Bakti No 5 Ds. Mekarmaya Desa/Kel Mekarmaya Kec Cilamaya Wetan 0264-340149
36 MAN Karawang (MAN 2 Karawang) Jl. Syech Quro KM.5 No.1 Ds. Plawad Desa/Kel Plawad Kec Karawang Timur 0267-409228
37 MAN Batu Jaya (MAN 3 Karawang) Jl. Raya Teluk Bango Km 3 Ds. Telukbango Desa/Kel Telukbango Kec Batujaya 0267-84733115
38 MAN Rengasdengklok (MAN 4 Karawang) Jl. Kutakarya Ds. Jl. Kutakarya Desa/Kel Jl. Kutakarya Kec Kutawaluya 0267-480153
KUNINGAN
39 MAN Cigugur (MAN 1 Kuningan) Jl. Mayasih No. 881Cigugur Desa/Kel Cigugur Kec Cigugur 0232-873203
40 MAN Ciawi Gebang (MAN 2 Kuningan) Jl.Siliwangi KM 15 Ciawigebang Desa/Kel Ciawigebang Kec Ciawigebang 0232-878368
41 MAN Luragung (MAN 3 Kuningan) Jl.Raya Luragung No. 1 Desa/Kel Cirahayu Kec Luragung 0232-879995
MAJALENGKA
42 MAN Talaga (MAN 1 Majalengka) Jl. Jend. Sudirman No. 51 Desa/Kel Talaga Kec Talaga 0233-319298
43 MAN Rajagaluh (MAN 2 Majalengka) Jl. Raya Barat Cipinang No. 228 Desa/Kel Cipinang Kec Rajagaluh 0233-510569
44 MAN Jatiwangi (MAN 3 Majalengka) Jl. Lanud S. Soekani No. 110 Desa/Kel Mekarsari Kec Jatiwangi 0233-882840
PANGANDARAN
45 MAN Pangandaran (MAN 1 Pangandaran) Jl. Raya Cijulang No. 234 Desa/Kel Sukaresik Kec Sidamulih 0265-639722
46 MAN Pangkalan (MAN 2 Pangandaran) Jl. Desa Pangkalan Desa/Kel Pangkalan Kec Langkaplancar 0265-7950336
PURWAKARTA
47 MAN Purwakarta (MAN Purwakarta) Jl. Veteran No.299 Desa/Kel Ciseureuh Kec Purwakarta 0264-201723
SUBANG
48 MAN Subang (MAN 1 Subang) Jl. Arief Rahman Hakim No. 05 Desa/Kel Cigadung Kec Subang 0260-411304
49 MAN Binong (MAN 2 Subang) Ds. Cicadas Kec. Binong Desa/Kel Cicadas Kec Binong 0260-453306
SUKABUMI
50 MAN Cibadak (MAN 1 Sukabumi) Jl. Suryakencana Km 2 RT 01/09 Desa/Kel Pamuruyan Kec Cibadak 0266-531205
51 MAN Pelabuhan Ratu (MAN 2 Sukabumi) Jl. Bhayangkara No. 11 Km. 1 Palabuhanratu Desa/Kel CITEPUS Kec Palabuhanratu 0266-431358
52 MAN Surade (MAN 3 Sukabumi) Jl. Lapang Lodaya Setra No. 47 Desa/Kel Surade Kec Surade 0266-490273
53 MAN Jampang Tengah (MAN 4 Sukabumi) Jl. Raya Purabaya Km. 39 Sukabumi 43187 Desa/Kel Purabaya Kec Purabaya 0266-340098
SUMEDANG
54 MAN Sumedang (MAN 1 Sumedang) Jl. Tanjungkerta No. 130 Desa/Kel Licin Kec Cimalaka 0261-202714
55 MAN 2 Sumedang (MAN 2 Sumedang) Jl. Anggrek Situ No.38 Desa/Kel Situ Kec Sumedang Utara 0261-204558
TASIKMALAYA
56 MAN Sukamanah (MAN 1 Tasikmalaya) Jl.Taman Pahlawan Desa/Kel Sukarapih Kec Sukarame 0265-545719
57 MAN Cipasung (MAN 2 Tasikmalaya) Pst Cipasung Desa/Kel Cipakat Kec Singaparna 0265-545135
58 MAN Kiara Kuda (MAN 3 Tasikmalaya) Jl. Raya Panumbangan No. 33 Desa/Kel Pakemitan Kec Ciawi 0265-455460
59 MAN Cikalong (MAN 4 Tasikmalaya) Jl. Sindanghurip Desa/Kel Cikalong Kec Cikalong 081323874688
60 MAN Cibalong (MAN 5 Tasikmalaya) Jl Raya Derah Km 130 Desa/Kel Cibungur Kec Parung Ponteng 0265-2570482
61 MAN Bantarkalong (MAN 6 Tasikmalaya) Jl. Pemuda II Hegarwangi Desa/Kel Hegar Wangi Kec Bantar Kalong 0265-580580
62 MAN Salopa (MAN 7 Tasikmalaya) Talegong Asli Desa/Kel Mandalawangi Kec Salopa 0265-7963517
KOTA BANDUNG
63 MAN Bandung Kota Bandung (MAN 1 Kota Bandung) Jl. Haji Alpi Cijerah Desa/Kel Cibuntu Kec Bandung Kulon 022-6027957
64 MAN Cijerah (MAN 2 Kota Bandung) Jl. Cipadung No.57 Desa/Kel Cipadung Kec Cibiru 022-7811725
KOTA BANJAR
65 MAN Banjar (MAN Kota Banjar) Jl. Dipati Ukur Desa/Kel Banjar Kec Banjar 0265-745542
KOTA BEKASI
66 MAN Bekasi Kota Bekasi (MAN 1 Kota Bekasi) Jl. Markisa Raya II Taman Wisma Asri Desa/Kel Teluk Pucung Kec Bekasi Utara 021-8882771
67 MAN 2 Kota Bekasi (MAN 2 Kota Bekasi) Jl. Bojong Asih 5 Taman Narogong Indah Desa/Kel Bojong Rawa Lumbu Kec Rawa Lumbu 021-82429861
KOTA BOGOR
68 MAN Bogor Kota Bogor (MAN 1 Kota Bogor) Jl Pajajaran No 5 Bogor Timur Desa/Kel Baranangsiang Kec Bogor Timur 021-8321740
69 MAN 2 Bogor Kota Bogor (MAN 2 Kota Bogor) Jl Dr Semeru kmp Bumi menteng Asri Desa/Kel Menteng Kec Bogor Barat 021-8338865
KOTA CIMAHI
70 MAN Cimahi (MAN Kota Cimahi) Jl. Ibu Ganirah No. 24 Desa/Kel Cibeber Kec Cimahi Selatan 022-91493806
KOTA CIREBON
71 MAN 3 Cirebon Kota Cirebon (MAN 1 Kota Cirebon) Jl. Pelandakan No. 1 Desa/Kel Karya Mulya Kec Kesambi 0231-484510
72 MAN Cirebon II Kota Cirebon (MAN 2 Kota Cirebon) Jl. Pilang no. 31 Kotak Pos 137 Desa/Kel Sukapura Kec Kejaksaan 0231-202914
KOTA SUKABUMI
73 MAN Sukabumi Kota Sukabumi (MAN 1 Kota Sukabumi) Jl. Pramuka No.4 Desa/Kel Gedongpanjang Kec Citamiang 0266-227354
74 MAN 2 Sukabumi Kota Sukabumi (MAN 2 Kota Sukabumi) Jl. Palasari No. 14 Desa/Kel Sukakarya Kec Warudoyong 0266-230852
KOTA TASIKMALAYA
75 MAN Awipari Kota Tasikmalaya (MAN 1 Kota Tasikmalaya) Jl. Awipari 1 Desa/Kel Awipari Kec Cibeureum 0265-320510
76 MAN Tasikmalaya Kota Tasikmalaya (MAN 2 Kota Tasikmalaya) Komp Pst Al Misbah Jl. Bantar Desa/Kel Argasari Kec Cihideung 0265-325887
77 MAN Cibeureum Kota Tasikmalaya (MAN 3 Kota Tasikmalaya) Komp. Pst Cintapada Desa/Kel Setianagara Kec Cibeureum 0265-7064642

Dalam daftar nama MA Negeri se Jawa Barat sesuai dengan KMA No. 212 Tahun 2015 tersebut terdapat satu nama MAN yang tampaknya keliru. Yakni MAN Cibinong dan MAN Parung panjang yang sama-sama berganti nama menjadi MAN 1 Bogor. Hingga tulisan ini diterbitkan Ayo Madrasah belum mendapatkan perubahannya.

Demikianlah daftar ke-77 Madrasah Aliyah Negeri se Jawa Barat. Semoga daftar MAN di Jawa Barat ini mampu meningkatkan cinta dan etos kerja kita di madrasah.

Jumat, 22 Juli 2016

Jika Lupa Password Login EMIS Online

Ada yang mengalami lupa password login EMIS Online? Saat mau login ke aplikasi online EMIS di situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm tidak bisa karena passwordnya lupa. Hanya disapa oleh notifikasi: Nama Pengguna atau Password Salah.

Padahal harus segera melakukan upload data emis hasil backup emis yang waktunya sangat mepet. Atau harus melakukan Verval Satuan Pendidikan melalui layanan Emis SDM dengan waktu yang juga sangat terbatas. Baik upload hasil backup emis maupun Verval satuan pendidikan memang diberlakukan sistem bergiliran dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Tim Emis Pusat. Di luar jadwal tersebut, otomatis tidak bisa melakukan upload hasil backup emis maupun VervalSP. Baca: Jadwal Verval SP Emis Pendis.

Lupa Password Emis


Ternyata lupa password EMIS cukup jamak dan lumrah terjadi. Tidak sedikit rekan-rekan Operator EMIS Madrasah yang mengalaminya. Hal ini mungkin diakibatkan karena aktivitas login ke layanan EMIS yang memang tidak terlalu sering dilakukan. Paling login ke Emis SDM hanya untuk mendownload Formulir Pendataan EMIS dan Aplikasi Desktop Emis, kemudian mengupload hasil backup serta mengerjakan Verval Satuan Pendidikan saja.

Jadi kemudian wajar jika Operator EMIS Madrasah kemudian lupa akunnya. Baik lupa email yang digunakan maupun lupa password.

Lupa Password EMIS Online


Apa yang Harus Dilakukan Jika Lupa Pasword?

Apa yang harus segera dilakukan oleh Operator Emis Madrasah saat lupa password sehingga tidak bisa login ke situs http://emispendis.kemenag.go.id?

Tidak usah panik!

Cek Email Sudah Benar atau Salah


Pertama yang harus dilakukan oleh Operator EMIS Madrasah adalah mengecek apakah email yang digunakan untuk login sudah benar atau belum. Sudah sesuai dengan email yang didaftarkan sebagai operator madrasah atau belum.

Jangan-jangan saking lamanya tidak membuka situs emispendis, emailnya pun ikut lupa.

Cara mengecek email sudah benar sebagaimana yang didaftarkan adalah sebagai berikut.

Lupa Password EMIS Online


Jika email yang digunakan benar (sebelumnya sudah terdaftar) maka akan tampil informasi berisi nama operator, email, nama madrasah tempat tugas, dan status pendaftaran. Namun jika kosong, berarti email tersebut salah dan bukan email yang telah didaftarkan.

Atau malah jangan-jangan belum pernah mendaftar sebagai Operator Emis tingkat RA/Madrasah

Jika email benar tetapi tetap tidak bisa login, berarti passwordnya yang bermasalah (lupa).

Minta Reset Password


Jika Operator Emis tingkat RA/Madrasah tidak bisa login sebagai kasus di atas, Operator Emis RA/Madrasah harus meminta reset password ke Operator EMIS tingkat kabupaten/kota.

Tentang prosedur dan persyaratan untuk meminta reset password ke Operator EMIS tingkat kabupaten/kota, tergantung dari masing-masing Penma Kab/Kota. Ada yang mensyaratkan harus membawa dokumene tertentu, namun ada juga yang tidak. Bahkan ada juga yang melayani reset password lewat SMS.

Yang juga harus diperhatikan, selain menjaga agar tidak lupa password saat login Emis online adalah menjaga kerahasiaan akun tersebut. Jangan sampai akun operator emis (Nama Pengguna dan Password) diketahui oleh orang-orang yang tidak berhak sehingga bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:

Rabu, 20 Juli 2016

Cara Mengatasi Tahun yang Tidak Muncul di VervalSP Emis

Artikel cara mengatasi tahun yang tidak muncul saat VervalSP (Verval Satuan Pendidikan) di Emis SDM ini menjawab pertanyaan beberapa rekan Operator Madrasah. Mereka mendapati bahwa saat melakukan entri tanggal suatu dokumen, tahun yang muncul sebagai pilihan terbatas hanya tahun 2006 sampai dengan tahun 2026. Padahal tahun keluarnya dokumen yang hendak diisikan dalam VervalSP tersebut jauh sebelumnya.

Dengan kata lain tahun yang hendak mereka isikan dalam Verval Satuan Pendidikan tersebut tidak terdapat dalam pilihan yang muncul dan harus mereka pilih.

Tahun VervalSP Tidak Muncul


Baca juga artikel lain terkait Verval Satuan Pendidikan Emis SDM:

Padahal terdapat tanggal dokumen yang harus diisikan tidak hanya satu. Terdapat tanggal Piagam Pendirian, tanggal Ijin Operasional, tanggal Piagam Akreditasi, dan tanggal SK Kemenkumham.

Tahun kurang dari 2006 tidak muncul


Salah satu dari keempat dokumen tersebut bisa jadi dikeluarkan sebelum tahun 2006. Apalagi Piagam Pendirian bisa jadi untuk madrasah-madrasah yang telah lama berdirinya akan memiliki dokumen Piagam Pendirian dengan tahun yang sangat tua.

Katakanlah salah satu dokumen tersebut dikeluarkan pada tahun 1995, padahal tahun yang muncul dalam pilihan di Verval Satuan Pendidikan (VervalSP) di aplikasi Emis SDM hanya 'tersedia' hingga tahun 2006 saja terus bagaimana solusinya?

Ternyata ada tips sederhana untuk mengatasinya.

Alhamdulillah masih ada solusi.

Solusi Bagi Tahun yang Tidak Tersedia


Solusi bagi tahun yang tidak muncul dalam pilihan tahun disaat mengisikan tanggal dokumen (baik Piagam Pendirian, Ijin Operasional, Akreditasi, maupun SK Kemenkumham) ternyata cukup simpel. Ada tips khusus yang sangat remeh namun ampuh. Admin Ayo Madrasah telah mencobanya dan berhasil.

Agar tahun yang dikehendaki (katakanlah 1992) muncul dalam pilihan, tips yang harus dikerjakan adalah sebagai berikut.
  1. Klik kolom tahun yang biaasanya tertera tahun 2016
  2. Akan muncul pilihan daftar tahun mulai dari 2006 hingga 2026
  3. Pilih saja tahun paling tua; 2006
  4.  Sekarang di kolom tahun muncul tahun 2006
  5. Klik kembali kolom tahun tersebut (yang telah tertulis tahun 2006)
  6. Akan muncul pilihan daftar tahun tetapi berbeda dengan yang pertama, sekarang daftarnya berubah yakni mulai dari 1996 hingga 2016
  7. Jika tahun yang dikehendaki lebih muda dari 1996 (seperti 1999), berarti tingga pilih tahun tersebut. Tetapi jika lebih tua dari 1996 dan belum muncul dalam pilihan, klik saja tahun yang paling tua yaitu 1996.
  8. Sekarang di kolom tahun muncul tahun 1996
  9. Ulangi langkah pada poin ke-5 hingga ke-7 seperti diatas hingga tahun yang dikendaki muncul dan bisa dipilih.
  10. Setelah tahun yang dikehendaki terpilih, silakan lanjutkan dengan memilih bulan dan tanggal sebagaimana yang tertera dalam dokumen yang dimiliki.
Masih bingung?

Jika masih belum juga paham dengan uraian langkah-langkah di atas, silakan tonton dan simak video tutorial Cara Menampilkan Tahun dalam VervalSP di bawah ini.



UPDATE

Saat ini telah diberlakukan giliran VervalSP sesuai dengan daftar. Sehingga jika Anda login ke menu VervalSP tidak sesuai jadwal yang ditentukan akan muncul notifikasi sebagai berikut.

Pengumuman Verval


Bagaimana rekan-rekan Operator EMIS Madrasah? Pilihan tahun yang hanya tampil antara tahun 2006 - 2026 ternyata tidak lagi menjadi masalah, kan?. Insa Allah akan selalu ada solusi untuk rekan-rekan Operator Madrasah yang telah berjuang mencurahkan segenap tenaga dan kemampuannya demi kemajuan Madrasah.

Jadwal Verval Satuan Pendidikan EMIS SDM Lengkap Kabupaten Kota Se Indonesia

Melanjutkan tentang kemunculan menu baru di EMIS yaitu Verval Satuan Pendidikan di EMIS SDM (baca artikelnya di Baru! Verval Satuan Pendidikan via EMIS) yang sempat menimbulkan pertanyaan tentang kapan dimulainya, kini Tim Emis Pusat telah merilis Jadwal Resmi pelaksanaan Verval Satuan Pendidikan melalui aplikasi online Emis SDM tersebut.

Sebagaimana Jadwal yang didapat Ayo Madrasah dari situs http://emispendis.kemenag.go.id, ternyata pelaksanaan pelaksanaan Verval Satuan Pendidikan atau VervalSP melalui aplikasi online Emis SDM tersebut tidak menunggu lama. Alias akan segera dimulai!

Proses pemutakhiran Verval Satuan Pendidikan ini mulai dibuka pada tanggal 22 Juli 2016 dan berakhir pada 17 Agustus 2016.

Namun layaknya proses upload EMIS pada semester yang lalu, pelaksanaan Verval Satuan Pendidikan via Emis SDM inipun diberlakukan sistem giliran dengan jadwal. Menurut jadwal tersebut Madrasah se-Indonesia akan dibagi dalam 6 kelompok yang tiap kelompoknya akan memiliki waktu 4 hari untuk melakukan Verval Satuan Pendidikan.

Jadwal VervalSP


Jadwal Verval Satuan Pendidikan EMIS SDM


Jadwal VervalSP berdasarkan kelompok tersebut adalah:

  1. Kelompok 1; Waktu Vervalnya dimulai tanggal 22 Juli 2016 dan berakhir pada 25 Juli 2016. Kelompok ini terdiri atas semua kabupaten/kota di provinsi :
    1. Nanggroe Aceh Darussalam
    2. Sumatera Utara
    3. Sumatera Barat
    4. Riau
  2. Kelompok 2; Waktu verval dimulai tanggal 26 Juli 2016 dan berakhir pada 29 Juli 2016. Kelompok ini terdiri atas semua kabupaten/kota di provinsi:
    1. Jambi
    2. Sumatera Selatan
    3. Bengkulu
    4. Lampung
    5. Kepulauan Bangka Belitung
    6. Kepulauan Riau
    7. DKI Jakarta
  3. Kelompok 3; Waktu verval dimulai tanggal 30 Juli 2016 dan berakhir pada 2 Agustus 2016. Kelompok ini terdiri atas semua kabupaten/kota di provinsi :
    1. Jawa Barat.
  4. Kelompok 4; Waktu verval dimulai tanggal 3 Agustus 2016 dan berakhir pada 7 Agustus 2016. Kelompok ini terdiri atas semua kabupaten/kota di provinsi :
    1. Jawa Tengah
    2. DI Yogyakarta
  5. Kelompok 5; Waktu verval dimulai tanggal 8 Agustus 2016 dan berakhir pada 12 Agustus 2016. Kelompok ini terdiri atas semua kabupaten/kota di provinsi :
    1. Jawa Timur
    2. Banten
  6. Kelompok 6; Waktu verval dimulai tanggal 13 Agustus 2016 dan berakhir pada 17 Agustus 2016. Kelompok ini terdiri atas semua kabupaten/kota di provinsi :
    1. Bali
    2. Nusa Tenggara Barat
    3. Nusa Tenggara Timur
    4. Kalimantan Barat
    5. Kalimantan Tengah
    6. Kalimantan Selatan
    7. Kalimantan Timur
    8. Kalimantan Utara
    9. Sulawesi Utara
    10. Sulawesi Tengah
    11. Sulawesi Selatan
    12. Sulawesi Tenggara
    13. Gorontalo
    14. Sulawesi Barat
    15. Maluku
    16. Maluku Utara
    17. Papua
    18. Papua Barat
Selengkapnya lihat tabel Jadwal Verval Satuan Pendidikan Emis SDM se-Indonesia, berikut ini;


NO PROVINSI KABUPATEN/KOTA TANGGAL
1 Aceh Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Besar, Pidie, Aceh Utara, Simeuleu, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Pidie Jaya, Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kota Lhokseumawe, Kota Langsa, Kota Subulussalam, 22 Juli - 25 Juli 2016
2 Sumatera Utara Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Nias, Langkat, Karo, Deli Serdang, Simalungun, Asahan, Labuhan Batu, Dairi, Toba Samosir, Mandailing Natal, Nias Selatan, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Serdang Bedagai, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Batubara, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara, Nias Barat, Nias Utara, Kota Medan, Kota Pematang Siantar, Kota Sibolga, Kota Tanjung Balai, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Kota Padang Sidempuan, 22 Juli - 25 Juli 2016
3 Sumatera Barat Pesisir Selatan, Solok, Sijunjung, Tanah Datar, Padang Pariaman, Agam, 50 Kota, Kepulauan Mentawai, Pasaman, Dharmas Raya, Solok Selatan, Pasaman Barat, Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kota Padang Panjang, Kota Bukit Tinggi, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, 22 Juli - 25 Juli 2016
4 Riau Kampar, Indragiri Hulu, Bengkalis, Indragiri Hilir, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Kuantan Singingi, Kepulauan Meranti, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, 22 Juli - 25 Juli 2016
5 Jambi Kerinci, Merangin, Sarolangon, Batanghari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Bungo, Tebo, Kota Jambi, Kota Sungai Penuh, 26 Juli - 29 Juli 2016
6 Sumatera Selatan Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir, Muara Enim, Lahat, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Ilir, Empat Lawang, Penukal Abab Lematang Ilir, Musi Rawas Utara, KotaPalembang, Kota Pagar Alam, Kota Lubuklinggau, Kota Prabumulih, 26 Juli - 29 Juli 2016
7 Bengkulu Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kaur, Seluma, Muko Muko, Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, 26 Juli - 29 Juli 2016
8 Lampung Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Barat, Tulangbawang, Tanggamus, Lampung Timur, Way Kanan, Pesawaran, Pringsewu, Tulang Bawang Barat, Mesuji, Pesisir Barat, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, 26 Juli - 29 Juli 2016
9 Kepulauan Bangka Belitung Bangka, Belitung, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka Barat, Belitung Timur, Kota Pangkal Pinang, 26 Juli - 29 Juli 2016
10 Kepulauan Riau Bintan, Karimun, Natuna, Lingga, Kepulauan Anambas, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang, 26 Juli - 29 Juli 2016
11 DKI Jakarta Kepulauan Seribu, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, 26 Juli - 29 Juli 2016
12 Jawa Barat Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Bandung Barat, Pangandaran, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Bekasi, KotaDepok, Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, 30 Juli - 2 Agustus 2016
13 Jawa Tengah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, Kota Magelang, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kota Tegal, 3 Agustus - 7 Agustus 2016
14 DI Yogyakarta Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, Sleman, Kota Yogyakarta, 3 Agustus - 7 Agustus 2016
15 Jawa Timur Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Magetan, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Batu, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Surabaya, 8 Agustus - 12 Agustus 2016
16 Banten Pandeglang, Lebak, Tangerang, Serang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, 8 Agustus - 12 Agustus 2016
17 Bali Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli, Karangasem, Buleleng, Kota Denpasar, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
18 Nusa Tenggara Barat Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Dompu, Bima, Sumbawa Barat, Lombok Utara, Kota Mataram, Kota Bima, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
19 Nusa Tenggara Timur Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Alor, Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggarai, Sumba Barat, Sumba Timur, Lembata, Rote Ndao, Manggarai Barat, Nagekeo, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Manggarai Timur, Sabu Raijua, Malaka, KotaKupang, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
20 Kalimantan Barat Sambas, Mempawah, Sanggau, Ketapang, Sintang, Kapuas Hulu, Bengkayang, Landak, Melawi, Sekadau, Kayong Utara, Kubu Raya, Kota Pontianak, Kota Singkawang, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
21 Kalimantan Tengah Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kapuas, Barito Selatan, Barito Utara, Katingan, Seruyan, Sukamara, Lamandau, Gunung Mas, Pulang Pisau, Murung Raya, Barito Timur, Kota Palangkaraya, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
22 Kalimantan Selatan Tanah Laut, Kotabaru, Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Tanah Bumbu, Balangan, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
23 Kalimantan Timur Paser, Kutai Kartanegara, Berau, Kutai Barat, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Mahakam Hulu, Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kota Bontang, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
24 Kalimantan Utara Bulungan, Nunukan, Malinau, Tana Tidung, Kota Tarakan, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
25 Sulawesi Utara Bolaang Mongondow, Minahasa, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Utara, Minahasa Tenggara, Kepulauan Sitaro, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
26 Sulawesi Tengah Banggai, Poso, Donggala, Toli-Toli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Parigi Moutong, Tojo Una-Una, Sigi, Kota Palu, Banggai, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
27 Sulawesi Selatan Kepulauan Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa, Sinjai, Bone, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Barru, Soppeng, Wajo, Sindereng Rapang, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu Utara, Luwu Timur, Kota Makassar, KotaParepare, Kota Palopo, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
28 Sulawesi Tenggara Kolaka, Konawe, Konawe Kepulauan, Muna, Buton, Konawe Selatan, Bombana, Wakatobi, Kolaka Utara, Buton Utara, Konawe Utara, Kolaka Timur, Kota Kendari, Kota Baubau, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
29 Gorontalo Gorontalo, Boalemo, Bonebolango, Pohuwato, Gorontalo Utara, Kota Gorontalo, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
30 Sulawesi Barat Mamuju Utara, Mamuju, Mamasa, Polewali Mandar, Majene, Mamuju Tengah, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
31 Maluku Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Buru, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Buru Selatan, Kota Ambon, Kota Tual, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
32 Maluku Utara Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur, Pulau Morotai, Pulau Taliabu, Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
33 Papua Merauke, Jayawijaya, Jayapura, Nabire, Kepulauan Yapen, Biak Numfor, Puncak Jaya, Paniai, Mimika, Sarmi, Keerom, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Waropen, Boven Digoel, Mappi, Asmat, Lanny Jaya, Nduga, Supiori, Intan Jaya, Puncak, Deiyai, Dogiyai, Yalimo, Mamberamo Tengah, Mamberamo Raya, Kota Jayapura, 13 Agustus - 17 Agustus 2016
34 Papua Barat Sorong, Manokwari, Fakfak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Maybrat, Tambrauw, Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan, Kota Sorong, 13 Agustus - 17 Agustus 2016

Atau lihat gambar berikut ini:

Jadwal Verval SP EMIS
Jadwal Verval SP


Atau jika ingin mendownload Jadwal versi excel silakan klik LINK INI.

Dengan alokasi waktu yang hanya sebentar, 4 hari, diharapkan para Operator Madrasah bisa mempersiapkan lebih awal segala kelengkapan yang dibutuhkan dalam Verval Satuan Pendidikan (Verval SP) melalui aplikasi EMIS SDM ini. Sehingga ketika Verval dilakukan tidak lagi menemui kendala dan hambatan.

Saat ini telah diberlakukan giliran VervalSP sesuai dengan daftar. Sehingga jika Anda login ke menu VervalSP tidak sesuai jadwal yang ditentukan akan muncul notifikasi sebagai berikut.

Pengumuman Verval


Selamat ber-Verval SP!