Visitor

Selasa, 26 Maret 2019

KARTU UNBK UNTUK PROKTOR, TEKNISI DAN PENGAWAS UNBK


KARTU UNBK UNTUK PROKTOR, TEKNISI DAN PENGAWAS UNBK

Kartu UNBK, UAMBNBK setiap akan ada pelaksanaan UAMBNBK atau UNBK selalu berganti ID Card, maka disini Jamune Madrasah emnyediakan desain untuk kartu UNBK dengan bermacam-macam Variasi yang bisa anda Download dengan formad word.

Pelaksanaan UNBK tentu menjadi spesial moment untuk madrasah, yang berkeinginan semua serba bagus.

Penyediaan format ID CARD tentunya akan kita desain dengan ID CARD warna sehingga ID CARD UNBK dapat terlihat ilegan dan berwibawa terutama bagi Koordinator/penanggung jawab UNBK, Kartu Proktor, Kartu Teknisi dan Kartu Pengawas.

Pada Desain Kartu UNBK ini anda dapat mengganti latarbelakang , logo dan Nama sesuai dengan identitas Kartu UNBK yang dibutuhkan.


Download file Id Car UNBK 

Download Kartu UNBK Versi 2


Download Kartu Peserta USBN



CARA MENAMBAH SISWA BARU LULUSAN TAHUN YANG LALU PADA EMIS MADRASAH


CARA MENAMBAH SISWA BARU LULUSAN TAHUN YANG LALU PADA EMIS MADRASAH

Cara Input Siswa Baru Dari Madrasah Lulusan Satu Tahun Sebelumnya Di EMIS "EDISI TERBATAS"

"AKSI INI DILAKUKAN DENGAN CARA BERKOMUNIKASI DENGAN OPERATOR MADRASAH SEBELUMNYA DIMANA SISWA TERSEBUT BERASAL

1. Masuk ke alamat URL http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/
2. Masukkan username dan pasword dan login
3. Setelah itu masuk kemenu Kesiswaan lalu klik submenu cari siswa.
4. Masukkan nama siswa tapi jika punya NISN maka pakai NISN agar pencarian lebih mudah
5. Setelah siswa tersebut ketemu maka perhatikan posisi siswa tersebut berada di madrasah mana dan untuk lebih mudahnya bisa lihat NSM yang tercantum bukan lihat nama Madrasah.
6. Setelah ketemu posisi siswa tersebut maka bisa hubungi operator madrasah tersebut untuk melakukan proses seperti langkah no 1 sampai 5 dan bilanng ke operatornya untuk menyimpan data dengan cara klik detail siswa lalu simpan.
7. Siswa akan masuk di data siswa aktif pada Madrasah tersebut.
8. Lalu mintakan untuk naikkan ke kelas akhir dan setelah itu suruh masuk ke menu luluskan siswa
9. Dan setelah itu centang siswa tersebut lalu klik menu LULUSKAN.
10. Setelah proses di atas dilakukan maka kita bisa menarik siswa tersebut melalui melalui menu siswa baru dari Madrasah dan masukkan NSM Madrasah jenjang sebelumnya dijamin kalo proses di atas sukses maka siswa akan muncul

11. Kemudian centang siswa tersebut lalu daftarkan maka otomatis siswa akan masuk siswa aktif.
SELESAI


👆🏻Fasilitas ini diberlakukan sampai 30 Maret 2019 tahun ini maka gunakan kesempatan bagus ini untuk melakukan eksekusi agar siswa masuk ke data siswa aktif madrasah kita dan riil sesuai dengan data Madrasah kita.

ADA MENU JADWAL MATA PELAJARAN PADA EMIS MADRASAH


ADA MENU JADWAL MATA PELAJARAN PADA EMIS MADRASAH

Tunggu Info menu Jadwal EMIS PENDIS

Emis sepertinya akan merilis pembaharuan aplikasi pada emis madrasah yang dapat di akses melalui http://emispendis.kemenag.go.id/, ini dibuktikan dengan adanya menu pilih Jadwal dilaman Emis setelah Menu GTK/PTK berisi Jadwal Mata Pelajaran.

Untuk melihat pembaharuan jadwal mata pelajaran pada Emis langkah yang harus dilakukan operator Emis yaitu :
1. Login disitus http://emispendis.kemenag.go.id/
2. Klik Jadwal
3. Selanjutnya Emis akan menampilkan
  • Tahun
  • Semester
  • Kelas
  • Ruangan
  • Kurikulum
  • jurusan
4. Setelah semua terisi langkah selanjutnya Klik Tampilkan

5.Langkah selanjutnya untuk menambah Jadwal pada Emis Klik Tambah Jadwal
  • hari
  • Jam Ke
  • Durasi
  • Jam Mulai
  • Jam Selesai
  • Mata Pelajaran
  • Guru
Jika Operator Penasaran dengan pengisian Jadwal mata pelajaran pada Emis Madrasah begitula cara pengisian Jadwal Emis Pendis.

Sampai terbitnya artikel ini Menu jadwal Mata Pelajaran baru tersedia
  • Qur'an Hadist
  • Aqidah Akhlaq
  • Fiqih
  • PKN
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • dan Istirahat
Untuk kelengkapan menu Jadwal pada emis kita tunggu Juknis dari Emis Pendis terkait cara mengisi Jadwal di Emis Madrasah.

Dan Menu Jadwal pada Emis sampai artikel ini diterbitkan , Emis pusat telah menghapusnya kembali , artinya Menu Jadwal Pada Emis masih bersifat Uji coba dan perlu perbaikan.

Senin, 25 Maret 2019

Pengambilan NPSN Jenjang MI, MTs, dan MA

Assalaamu'alaikum wr. wb.
 Menindaklanjuti pengajuan NPSN Madrasah penerima Ijin Operasional Tahun 2018, bersama ini kami menghimbau agar Kepala Madrasah (MI,MTs, MA) yang mengajukan NPSN tersebut agar segera mengambil NPSN di bagian Kurikulum Seksi Pend. Garut mulai hari selasa tanggal 26 Maret 2019 (Jam Kerja). Adapun NPSN Madrasah yang telah terbit adalah sebagai berikut:
1. MIS Cipeutey Kec. Garut Kota
2. MIS Al-Barkah Kec. Pasirwangi
3. MAS Ass-Shidiq Kec. Banjarwangi
4. MTs Al-Hidayah Kec. Cisewu
5. MAS Darul Ulum Kec. Cisewu
6. MAS Darul Ilmi Kec. Banjarwangi
7. MTs. Persis 133 Al-Ikhlash Kec. Pasirwangi
8. MIS Miftahul Faizin Kec. Banjarwangi
9. MAS Pelita Bangsa Kec. Banjarwangi
10. MIS Persis No. 278 Permata Hati Kec. Garut Kota
11. MTs. Darul Hikam Cikanyere Kec. Mekarmukti
12. MTs. Darul Munaajah Kec. Peundeuy
13. MIS Ma'arif 2 Kec. Malangbong
14. MTs. Persis 328 Al Aqsha Kec. Leles
15. MTs. Nurul Huda Kec. Banjarwangi
16. RA/BA/TA Nurul Abshor Kec. Blubur Limbangan
17. RA AR ROHMAH KEC. KARANGPAWITAN
18. MTs. MIFTAHUL ULUM KEC. CIGEDUG
19. MTS. INSANUL HUSSNA KEC. SINGAJAYA
20. MI ANNUR II KEC. CIBALONG

Demikian.
Wassalaamu'alaikum wr.wb.

Minggu, 24 Maret 2019

TAHAPAN PENGISIAN DATA EMIS UNTUK SISPENA/ INTEGRASI DATA EMIS-SISPENA - AKREDITASI


INTEGRASI DATA EMIS-SISPENA - AKREDITASI

KELEMBAGAAN
Profil -> Lembaga -> Lokasi Madrasah
Penting untuk mengisikan koordinat Lembaga Pendidikan
Pengisian Alamat hanya diisi nama Jalan nomor, dan dusun/kampung
Profil -> Lembaga -> Kontak Madrasah
Isikan nomor telepon dan fax jika ada
Profil -> Sarpras -> Kepemilikan Tanah






Sarana dan Prasarana (Prasarana)
Profil -> Sarpras -> Rician Ruang
Pengisian Rincian Ruang : Nama Ruanggan diisi dengan karakter, nama rombel dengan angka (2 digit, Nama Bangunan, Tahun dibangun dan Ukuran Ruangan (diisi dengan angka saja, missal Panjang 5 Meter, cukup diisi 5, atau 4.5 Meter diisi dengan 4.5)
Profil -> Sarpras -> Rincian Ruang -> Isi Ruangan
Pilih Jenis Kelompok Barang, nama Lain dari barang tersebut (Misal Jenis/Kelompok Barang Meja, nama Lainnya Meja Guru, Meja Siswa dsb)
Isi jumlah kondisi baik, rusak dan rusak berat (diisi dengan angka saja, missal meja siswa rusak 5 buah diis dengan 5)


Ketersediaan Listrik dan Internet
Profil -> Sarpras -> Ketersediaan Listrik
Profil -> Sarpras -> Ketersediaan Internet




Data Rombongan Belajar
Kelembagaan -> Siswa -> Rombongan Belajar
Jumlah diisi dengan angka

Mata Pelajaran
Kelembagaan -> Siswa -> Daftar Mapel yang diselenggarakan

Hal ini penting dilakukan karena setiap Lembaga ada kemungkinan berbeda mata pelajaran misalnay dalam hal mulok

PTK
PTK > Pilih PTK  > Informasi Pribadi
Isikan Nama Ibu Kandung
PTK  > Pilih PTK > Status Keaktifan
Jika Pendidik isilah Jenis Gurunya, karena ini akan berpengaruh pada saat penilaian


PTK >Pilih PTK  > Kualifikasi Pendidikan
Bagian Pendidikan ini diis secara lengkap, termasuk nomor sertifikat/ijasah
PTK >Pilih PTK  > Aktifitas Pendidik
Aktifitas diisi jika statusnya Guru, isi JTM dengan angka saja, jumlah siswa dan matapelajaran yang diampu.
Tugas Tambahan diisi jika memiliki, karena ini akan mempengaruhi.
PTK  > Pilih PTK  > Aktifitas Tenaga Kependidikan
Diisi jika merupakan tenaga Kependidikan

DOWNLOAD EMIS-AKREDITASI

JADWAL LENGKAP PENYELENGGARAAN PBSB TAHUN 2019


JADWAL LENGKAP PENYELENGGARAAN PBSB TAHUN 2019

Berikut adalah Rencana Penyelenggaran Pendaftaran PBSB tahun 2019

No    Agenda                                                                       Tanggal
1     Periode Pendaftaran PBSB                                         1 april – 30 april 2019
2     Pengumuman kelayakan mengikuti CBT                    15 mei 2019
3     pelaksanaan ujian/tahfidz                                            18 Juni 2019
4     Pelaksaan tes membaca kitab kuning bagi Pendaftar ma’had aly     19 Juni 2019
5     pengumuman hasil seleksi                                                juli 2019

* Jadwal fix akan dipublish sesuai dengan Petunjuk Teknis PBSB

JUKNIS PBSB 2019-RESMI

SELEKSI CALON PESERTA PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2019 PROGRAM S1 SAINS TEKNOLOGI, SOSIAL HUMANIORA, DAN KEAGAMAAN

A. PENGERTIAN
Seleksi Calon Peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi Program S1 Sains Teknologi, Sosial Humaniora, dan Keagamaan (Dirasah Islamiyah) adalah bentuk pelaksanaan strategi umum melalui rekruitment santri berprestasi dengan sistem seleksi terbuka, dengan pengetatan kriteria peserta seleksi untuk peserta baru, yaitu santri berprestasi yang diutamakan dari latar belakang keluarga kurang mampu dan memberian kemudahan bagi peserta seleksi dari daerah
tertinggal/terpencil.

B. JADWAL

  • Pengumuman Pendaftaran : 15 Maret 2019
  • Periode Pendaftaran : 1 – 30 April 2019
  • Pegumuman Kelayakan Mengikuti Tes : 15 Mei 2019
  • Pelaksanaan Seleksi CBT dan Tahfizh : 18 Juni 2019
  • Pelaksanaan Seleksi Qiraatil Kutub pada Ma’had Aly : 19 Juni 2019
  • Pengumuman Hasil Seleksi : Juli 2019
C. PILIHAN STUDI
Pilihan Studi meliputi 3 (tiga) Bidang Pilihan Studi, yaitu MIPA, IPS, dan KEAGAMAAN. Daftar Pilihan studi yang tersedia untuk setiap bidang pilihan sebagaimana pada Daftar (terlampir). Calon peserta seleksi dapat memilih 2 (dua) pilihan studi dengan ketentuan pada bidang dan kampus yang sama.

D. MATERI SELEKSI
Materi seleksi meliputi:
1. Tes Bahasa dan Kepesantrenan (60 menit; Bahasa Inggris 20 soal pilihan ganda,MBahasa Arab 20 soal pilihan ganda, Khazanah Islam Indonesia dan Substansi Ilmu Kepesantrenan 20 soal pilihan ganda).
2. Tes Potensi Akademik (70 menit; 60 soal pilihan ganda) Ujian ini untuk mengukur kemampuan verbal, kuantitatif dan penalaran, sehingga kemampuan santri untuk melanjutkan pendidikan tinggi dapat dievaluasi. Diperuntukkan untuk seluruh Bidang Pilihan Studi.
3. Seleksi Khusus Tahfidz (10 Juz)
Test lisan/wawancara hanya dilakukan terhadap calon peserta PBSB yang berminat untuk studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan untuk memastikan hafalan Al-Qur’an adalah minimal 10 juz sebagai syarat masuk. 4. Seleksi Khusus Qiraatul Kutub (Membaca Kitab Kuning)

Test membaca kitab kuning hanya dilakukan terhadap calon peserta PBSB yang berminat untuk studi pada Ma’had Aly.



PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2019


PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2019

TATA KELOLA PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2019: IMPLEMENTASI

A. PERSIAPAN SELEKSI CALON PESERTA PBSB
Persiapan seleksi calon peserta PBSB dilaksanakan oleh tim persiapan meliputi
proses pengumuman, pendaftaran, rekapitulasi data pendaftar, komputerisasi soal
dan jawaban, pengolahan data, dan persiapan distribusi soal ke lokasi seleksi
Computer Based Test (CBT).

1. Pengumuman
Pengumuman dan sosialisasi juga dilakukan melalui website https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/. Pengumuman Seleksi Calon Peserta PBSB juga dapat dilakukan melalui pengiriman surat edaran ke Kanwil Kemenag Propinsi untuk dilakukan sosialisasi kepada pondok pesantren yang
ada di wilayahnya.

2. Pengajuan dan registrasi
Proses pengajuan dilakukan pada Kanwil Kemenag Propinsi yang ditunjuk oleh Kementerian Agama Pusat. Proses registrasi peserta seleksi dilakukan secara online, melalui alamat tautan https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/. Ketentuan lebih lanjut diatur dalam Bab mengenai Program Beasiswa Santri Berprestasi S1 Sains Teknologi, Sosial Humaniora, dan Keagamaan.

3. Rekapitulasi Data Pondok Pesantren Pengusul dan Pendaftar
Rekapitulasi data pondok pesantren pengusul diperlukan untuk keperluan evaluasi pelaksanaan PBSB, sedangkan rekapitulasi data pendaftar diperlukan untuk menentukan jumlah perangkat CBT, serta pengawas yang diperlukan pada masing-masing lokasi seleksi.

4. Pengolahan data
Pengolahan data mencakup pengelolaan registrasi online dan verifikasi data untuk memperoleh Data Induk Peserta Seleksi, yang berisi data esensial dari peserta seleksi berdasarkan data pengajuan dan data registrasi, dilakukan dengan melakukan verifikasi data antara data registrasi, data pengajuan, serta hasil seleksi administrasi.

5. Penyediaan Soal dan Jawaban
Materi soal dan kunci jawaban untuk seleksi khusus sesuai mekanisme Perguruan Tinggi Mitra pelaksana, bagi yang ditetapkan oleh Kementerian Agama diproses melalui sistem komputerisasi sesuai dengan kebutuhan CBT.

Adapun proses penyediaannya adalah sebagai berikut:
a. Panita Seleksi pusat membuat master copy untuk masing-masing materi soal;
b. Master copy tersebut dibuat dalam 1 (satu) perangkat komputer pendukung sesuai kebutuhan;
c. Petugas atau penanggung jawab atas master copy tesebut harus menyatakan Kesanggupan Menjaga Kerahasiaan secara tertulis;
d. Selama proses komputerisasi penyediaan soal dan jawaban wajib untuk didampingi petugas pengawas yang ditunjuk, serta harus melaporkan prosesnya;
e. Materi soal digandakan dalam dalam format sistem CBT dan disimpan dalam perangkat komputer (hardisk eksternal) yang khusus serta berkeamanan maksimum;
f. Hasil penggandaan materi soal yang telah jadi diserahkan petugas atau panitia dengan suatu berita acara serah terima;
g. Kunci jawaban dengan format sistem CBT dan manual disimpan pada perangkat komputer khusus berkeamanan maksimum diserahkan kepada petugas yang ditunjuk.
6. Berdasarkan rekapitulasi data pendaftar, materi soal dan jawaban dipilah acak (random) sesuai kebutuhan, dan dikemas dalam kemasan yang cukup kuat untuk dibawa melalui transportasi darat/laut/udara. Pada tiap kemasan diberikan tanda dan keterangan yang jelas terkait peruntukan serta identitas.

B. PELAKSANAAN SELEKSI CALON PESERTA PBSB
Pelaksanaan seleksi serentak terdiri dari kegiatan penentuan pengawas, pembekalan (coaching) pengawas, distribusi materi soal dan jawaban ke daerah, serta pengawasan seleksi.
1. Penentuan Pengawas
Pengawas ditentukan dari unsur Kementerian Agama Pusat, Kementerian Agama Propinsi dan Perguruan Tinggi Mitra. Jumlah pengawas pada tiap daerah lokasi seleksi disesuaikan dengan jumlah peserta seleksi dan anggaran yang ada, paling kurang harus diawasi oleh 1 (satu) orang unsur Kementerian Agama Pusat.

Tugas Pengawas:
a. Melaksanakan proses seleksi, pengawasan, pengepakan, serta pengamanan lembar jawaban, sesuai dengan Acuan Tugas Pengawas Seleksi (Lampiran Acuan Tugas Pengawas Seleksi);
b. Khusus pengawas dari Kementerian Agama Pusat, membawa dokumen seleksi untuk dibawa ke Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren;
c. Menyelesaikan administasi yang diperlukan dalam mekanisme Perjalanan Dinas Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, Dan Pegawai Tidak Tetap (Surat Tugas, SPD, Rincian Biaya Perjalanan Dinas, serta Daftar Pengeluaran Riil, dilengkapi dengan Bukti Pengeluaran).
2. Pembekalan (Coaching) Pengawas
Pembekalan (Coaching) Pengawas dilakukan agar setiap pengawas mengerti akan tugasnya masing-masing. Pembekalan dilakukan di Kementerian Agama Pusat untuk pengawas dari unsur Kementerian Agama Pusat dan Perguruan Tinggi Mitra, serta di Kementerian Agama Propinsi untuk pengawas dari unsur Kementerian Agama Propinsi.

Dengan pertimbangan efektifitas dan efisiensi, pembekalan untuk pengawas dari unsur Perguruan Tinggi dapat dilakukan melalui korespondensi via email dan/atau telpon.
3. Pengawasan Seleksi
Pengawasan seleksi dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagaimana pada
Lampiran Acuan Tugas Pengawas Seleksi.
4. Peserta wajib mematuhi Tata Tertib sebagaimana pada Lampiran Tata Tertib
Seleksi Pelaksanaan Seleksi Calon Peserta PBSB untuk keperluan yang bersifat khusus dan/atau untuk keperluan yang lebih spesifik, dapat dilakukan dengan mekanisme tersendiri.