Visitor

Minggu, 24 Maret 2019

TAHAPAN PENGISIAN DATA EMIS UNTUK SISPENA/ INTEGRASI DATA EMIS-SISPENA - AKREDITASI


INTEGRASI DATA EMIS-SISPENA - AKREDITASI

KELEMBAGAAN
Profil -> Lembaga -> Lokasi Madrasah
Penting untuk mengisikan koordinat Lembaga Pendidikan
Pengisian Alamat hanya diisi nama Jalan nomor, dan dusun/kampung
Profil -> Lembaga -> Kontak Madrasah
Isikan nomor telepon dan fax jika ada
Profil -> Sarpras -> Kepemilikan Tanah






Sarana dan Prasarana (Prasarana)
Profil -> Sarpras -> Rician Ruang
Pengisian Rincian Ruang : Nama Ruanggan diisi dengan karakter, nama rombel dengan angka (2 digit, Nama Bangunan, Tahun dibangun dan Ukuran Ruangan (diisi dengan angka saja, missal Panjang 5 Meter, cukup diisi 5, atau 4.5 Meter diisi dengan 4.5)
Profil -> Sarpras -> Rincian Ruang -> Isi Ruangan
Pilih Jenis Kelompok Barang, nama Lain dari barang tersebut (Misal Jenis/Kelompok Barang Meja, nama Lainnya Meja Guru, Meja Siswa dsb)
Isi jumlah kondisi baik, rusak dan rusak berat (diisi dengan angka saja, missal meja siswa rusak 5 buah diis dengan 5)


Ketersediaan Listrik dan Internet
Profil -> Sarpras -> Ketersediaan Listrik
Profil -> Sarpras -> Ketersediaan Internet




Data Rombongan Belajar
Kelembagaan -> Siswa -> Rombongan Belajar
Jumlah diisi dengan angka

Mata Pelajaran
Kelembagaan -> Siswa -> Daftar Mapel yang diselenggarakan

Hal ini penting dilakukan karena setiap Lembaga ada kemungkinan berbeda mata pelajaran misalnay dalam hal mulok

PTK
PTK > Pilih PTK  > Informasi Pribadi
Isikan Nama Ibu Kandung
PTK  > Pilih PTK > Status Keaktifan
Jika Pendidik isilah Jenis Gurunya, karena ini akan berpengaruh pada saat penilaian


PTK >Pilih PTK  > Kualifikasi Pendidikan
Bagian Pendidikan ini diis secara lengkap, termasuk nomor sertifikat/ijasah
PTK >Pilih PTK  > Aktifitas Pendidik
Aktifitas diisi jika statusnya Guru, isi JTM dengan angka saja, jumlah siswa dan matapelajaran yang diampu.
Tugas Tambahan diisi jika memiliki, karena ini akan mempengaruhi.
PTK  > Pilih PTK  > Aktifitas Tenaga Kependidikan
Diisi jika merupakan tenaga Kependidikan

DOWNLOAD EMIS-AKREDITASI

JADWAL LENGKAP PENYELENGGARAAN PBSB TAHUN 2019


JADWAL LENGKAP PENYELENGGARAAN PBSB TAHUN 2019

Berikut adalah Rencana Penyelenggaran Pendaftaran PBSB tahun 2019

No    Agenda                                                                       Tanggal
1     Periode Pendaftaran PBSB                                         1 april – 30 april 2019
2     Pengumuman kelayakan mengikuti CBT                    15 mei 2019
3     pelaksanaan ujian/tahfidz                                            18 Juni 2019
4     Pelaksaan tes membaca kitab kuning bagi Pendaftar ma’had aly     19 Juni 2019
5     pengumuman hasil seleksi                                                juli 2019

* Jadwal fix akan dipublish sesuai dengan Petunjuk Teknis PBSB

JUKNIS PBSB 2019-RESMI

SELEKSI CALON PESERTA PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2019 PROGRAM S1 SAINS TEKNOLOGI, SOSIAL HUMANIORA, DAN KEAGAMAAN

A. PENGERTIAN
Seleksi Calon Peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi Program S1 Sains Teknologi, Sosial Humaniora, dan Keagamaan (Dirasah Islamiyah) adalah bentuk pelaksanaan strategi umum melalui rekruitment santri berprestasi dengan sistem seleksi terbuka, dengan pengetatan kriteria peserta seleksi untuk peserta baru, yaitu santri berprestasi yang diutamakan dari latar belakang keluarga kurang mampu dan memberian kemudahan bagi peserta seleksi dari daerah
tertinggal/terpencil.

B. JADWAL

  • Pengumuman Pendaftaran : 15 Maret 2019
  • Periode Pendaftaran : 1 – 30 April 2019
  • Pegumuman Kelayakan Mengikuti Tes : 15 Mei 2019
  • Pelaksanaan Seleksi CBT dan Tahfizh : 18 Juni 2019
  • Pelaksanaan Seleksi Qiraatil Kutub pada Ma’had Aly : 19 Juni 2019
  • Pengumuman Hasil Seleksi : Juli 2019
C. PILIHAN STUDI
Pilihan Studi meliputi 3 (tiga) Bidang Pilihan Studi, yaitu MIPA, IPS, dan KEAGAMAAN. Daftar Pilihan studi yang tersedia untuk setiap bidang pilihan sebagaimana pada Daftar (terlampir). Calon peserta seleksi dapat memilih 2 (dua) pilihan studi dengan ketentuan pada bidang dan kampus yang sama.

D. MATERI SELEKSI
Materi seleksi meliputi:
1. Tes Bahasa dan Kepesantrenan (60 menit; Bahasa Inggris 20 soal pilihan ganda,MBahasa Arab 20 soal pilihan ganda, Khazanah Islam Indonesia dan Substansi Ilmu Kepesantrenan 20 soal pilihan ganda).
2. Tes Potensi Akademik (70 menit; 60 soal pilihan ganda) Ujian ini untuk mengukur kemampuan verbal, kuantitatif dan penalaran, sehingga kemampuan santri untuk melanjutkan pendidikan tinggi dapat dievaluasi. Diperuntukkan untuk seluruh Bidang Pilihan Studi.
3. Seleksi Khusus Tahfidz (10 Juz)
Test lisan/wawancara hanya dilakukan terhadap calon peserta PBSB yang berminat untuk studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan untuk memastikan hafalan Al-Qur’an adalah minimal 10 juz sebagai syarat masuk. 4. Seleksi Khusus Qiraatul Kutub (Membaca Kitab Kuning)

Test membaca kitab kuning hanya dilakukan terhadap calon peserta PBSB yang berminat untuk studi pada Ma’had Aly.



PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2019


PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2019

TATA KELOLA PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2019: IMPLEMENTASI

A. PERSIAPAN SELEKSI CALON PESERTA PBSB
Persiapan seleksi calon peserta PBSB dilaksanakan oleh tim persiapan meliputi
proses pengumuman, pendaftaran, rekapitulasi data pendaftar, komputerisasi soal
dan jawaban, pengolahan data, dan persiapan distribusi soal ke lokasi seleksi
Computer Based Test (CBT).

1. Pengumuman
Pengumuman dan sosialisasi juga dilakukan melalui website https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/. Pengumuman Seleksi Calon Peserta PBSB juga dapat dilakukan melalui pengiriman surat edaran ke Kanwil Kemenag Propinsi untuk dilakukan sosialisasi kepada pondok pesantren yang
ada di wilayahnya.

2. Pengajuan dan registrasi
Proses pengajuan dilakukan pada Kanwil Kemenag Propinsi yang ditunjuk oleh Kementerian Agama Pusat. Proses registrasi peserta seleksi dilakukan secara online, melalui alamat tautan https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/. Ketentuan lebih lanjut diatur dalam Bab mengenai Program Beasiswa Santri Berprestasi S1 Sains Teknologi, Sosial Humaniora, dan Keagamaan.

3. Rekapitulasi Data Pondok Pesantren Pengusul dan Pendaftar
Rekapitulasi data pondok pesantren pengusul diperlukan untuk keperluan evaluasi pelaksanaan PBSB, sedangkan rekapitulasi data pendaftar diperlukan untuk menentukan jumlah perangkat CBT, serta pengawas yang diperlukan pada masing-masing lokasi seleksi.

4. Pengolahan data
Pengolahan data mencakup pengelolaan registrasi online dan verifikasi data untuk memperoleh Data Induk Peserta Seleksi, yang berisi data esensial dari peserta seleksi berdasarkan data pengajuan dan data registrasi, dilakukan dengan melakukan verifikasi data antara data registrasi, data pengajuan, serta hasil seleksi administrasi.

5. Penyediaan Soal dan Jawaban
Materi soal dan kunci jawaban untuk seleksi khusus sesuai mekanisme Perguruan Tinggi Mitra pelaksana, bagi yang ditetapkan oleh Kementerian Agama diproses melalui sistem komputerisasi sesuai dengan kebutuhan CBT.

Adapun proses penyediaannya adalah sebagai berikut:
a. Panita Seleksi pusat membuat master copy untuk masing-masing materi soal;
b. Master copy tersebut dibuat dalam 1 (satu) perangkat komputer pendukung sesuai kebutuhan;
c. Petugas atau penanggung jawab atas master copy tesebut harus menyatakan Kesanggupan Menjaga Kerahasiaan secara tertulis;
d. Selama proses komputerisasi penyediaan soal dan jawaban wajib untuk didampingi petugas pengawas yang ditunjuk, serta harus melaporkan prosesnya;
e. Materi soal digandakan dalam dalam format sistem CBT dan disimpan dalam perangkat komputer (hardisk eksternal) yang khusus serta berkeamanan maksimum;
f. Hasil penggandaan materi soal yang telah jadi diserahkan petugas atau panitia dengan suatu berita acara serah terima;
g. Kunci jawaban dengan format sistem CBT dan manual disimpan pada perangkat komputer khusus berkeamanan maksimum diserahkan kepada petugas yang ditunjuk.
6. Berdasarkan rekapitulasi data pendaftar, materi soal dan jawaban dipilah acak (random) sesuai kebutuhan, dan dikemas dalam kemasan yang cukup kuat untuk dibawa melalui transportasi darat/laut/udara. Pada tiap kemasan diberikan tanda dan keterangan yang jelas terkait peruntukan serta identitas.

B. PELAKSANAAN SELEKSI CALON PESERTA PBSB
Pelaksanaan seleksi serentak terdiri dari kegiatan penentuan pengawas, pembekalan (coaching) pengawas, distribusi materi soal dan jawaban ke daerah, serta pengawasan seleksi.
1. Penentuan Pengawas
Pengawas ditentukan dari unsur Kementerian Agama Pusat, Kementerian Agama Propinsi dan Perguruan Tinggi Mitra. Jumlah pengawas pada tiap daerah lokasi seleksi disesuaikan dengan jumlah peserta seleksi dan anggaran yang ada, paling kurang harus diawasi oleh 1 (satu) orang unsur Kementerian Agama Pusat.

Tugas Pengawas:
a. Melaksanakan proses seleksi, pengawasan, pengepakan, serta pengamanan lembar jawaban, sesuai dengan Acuan Tugas Pengawas Seleksi (Lampiran Acuan Tugas Pengawas Seleksi);
b. Khusus pengawas dari Kementerian Agama Pusat, membawa dokumen seleksi untuk dibawa ke Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren;
c. Menyelesaikan administasi yang diperlukan dalam mekanisme Perjalanan Dinas Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, Dan Pegawai Tidak Tetap (Surat Tugas, SPD, Rincian Biaya Perjalanan Dinas, serta Daftar Pengeluaran Riil, dilengkapi dengan Bukti Pengeluaran).
2. Pembekalan (Coaching) Pengawas
Pembekalan (Coaching) Pengawas dilakukan agar setiap pengawas mengerti akan tugasnya masing-masing. Pembekalan dilakukan di Kementerian Agama Pusat untuk pengawas dari unsur Kementerian Agama Pusat dan Perguruan Tinggi Mitra, serta di Kementerian Agama Propinsi untuk pengawas dari unsur Kementerian Agama Propinsi.

Dengan pertimbangan efektifitas dan efisiensi, pembekalan untuk pengawas dari unsur Perguruan Tinggi dapat dilakukan melalui korespondensi via email dan/atau telpon.
3. Pengawasan Seleksi
Pengawasan seleksi dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagaimana pada
Lampiran Acuan Tugas Pengawas Seleksi.
4. Peserta wajib mematuhi Tata Tertib sebagaimana pada Lampiran Tata Tertib
Seleksi Pelaksanaan Seleksi Calon Peserta PBSB untuk keperluan yang bersifat khusus dan/atau untuk keperluan yang lebih spesifik, dapat dilakukan dengan mekanisme tersendiri.

CARA MENGEMBALIKAN SISWA EMIS YANG SUDAH TERLANJUR DI MUTASI KELUAR


CARA MENGEMBALIKAN SISWA EMIS YANG SUDAH TERLANJUR DI MUTASI KELUAR

Emis Madrasah selalu membuat jadwal bertahap untuk proses penyempurnaan data Emis Madrasah, mulai dari adanya Ifo tentang Pembaharuan GTK/PTK , Penambahan Siswa PPDB melalui Tempalte untuk siswa lulusan Umum seperti SD/SMP, Menyempurnaan Data Siswa dengan menggunakan Menu Cari Siswa di Referensi sampai pengisian Detail Siswa Aktif di Emis Madrasah.

Dengan adanya Tahapan melengkapi data di emis pendis maka tuntutan kepada Operator tetap selalu menunggu Info dan mengerjakan Sesuai dengan Info Emis Madrasah.

Pada saat mengecek data siswa yang tidak sesuai dengan jumlah riil siswa, atau Jumlah Siswa misal 450 akan tetapi siswa yang terdapat dalam Emis 420 atau bahkan lebih banyak misal 460 maka dengan masalah ini jika Siswa kurang Operator harus mengecek Siswa Aktif disesuaikan dengan data siswa yang riil.

Untuk Menambah Siswa Baru di Emis Madrasah dapat Dilakukan dengan cara :
1. Jika Siswa lulusan SD/SMP maka penambahan siswa bisa dilakukan melaui menu Tempalate
2. Setelah selesai Upload Template Siswa Baru melalui Template PPDB berhasil maka siswa tersebut akan muncul di Menu PPDB bukan langsung tampil di Siswa Aktif.
3. Jika dimenu PPDB sudah tampil nama-nama siswa yang dari umum maka tinggal menunggu pihak Operator kab/kota atau pusat untuk menyetujui, Jika sudah mendapatkan persetujuan secara otomatis siswa penambahan melalui template PPDB akan masuk ke siswa Aktif.

Untuk siswa Baru dari MTS cukup dengan menambah pada menu siswa aktif dibagian Siswa masuk (dari MTs) dan emncari lewat NSM sekolah.

Begitulah cara menambahkan Siswa baru di Emis Madrasah.

Untuk Mengeluarkan Siswa aktif maka cukup di centang nama yang akan dikeluarkan/ mutasi setelah itu mengisi data mutasi sesuai kolom yang tersedia.

Nah bagaimana dengan siswa yang terlanjur dimutasi padahal siswa tersebut masih aktif si Madrasah
Maka solusi yang diambil bisa dengan membatalkan Mutasi dengan cara :
1. Login ke Emis Pendis
2. Klik menu Kesiswaan
3. Klik Siswa Non Aktif
4. selanjutnya klik kembalikan

Kamis, 21 Maret 2019

CARA MENAMBAH SISWA EMIS MADRASAH DARI CARI SISWA REFERENSI


CARA MENAMBAH SISWA EMIS DARI CARI SISWA REFERENSI
Emis Madrasah pada situs Emis Pendis selalu memebrikan penjadwalan bergilir, mulai dari pembenahan dan penambahan PTK/GTK melanjutkan pendataan siswa emis madrasah dan selanjutnya akan di lanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada Operator untuk menyelesaikan detail Siswa yang sudah ada pada Emis Madrasah.

Maka dengan adanya Info Emis
"hari ini menu tarik siswa dari referensi dapat dilakukan akun madrasah melalui pencarian.
hapus double dapat dilakukan.
pencarian ini hanya berlaku sampai pendataan Ganjil 18-19 saja. karena untuk mengatasi siswa-siswa yg sudah ada direferensi tapi belum ada di lembaganya."
Semua Operator dapat melengkapi data siswa yang ada di emis Madrasah dan juga dapat mengeluarkan atau memasukan siswa ke data Emis.

Permasalahan yang ditemukan pada operator saat menambahkan siswa ke emis madrasah ada masalah dengan adanya peringatan bahwa "data siswa sudah ada" padahal dicek di status siswa aktuf nama siswa tersebut tidak tampak pada Emis Madrasah.

Dengan hal tersebut artikel ini akan memberikan cara untuk menemukan Siswa dengan menjalankan Info diatas.

1. Login ke Emis Madrasagh
2. Klik Kesiswaan
3. cari siswa " gunakan kata kunci yang singkat sesuai dengan keterangan yang ada pada pencarian siswa referensi
"MODUL PENCARIAN
  • Modul ini berguna untuk melakukan pencarian Seluruh Siswa Referensi untuk memudahkan melihat Informasi Siswa
  •     Persempit Keyword untuk memproses pencarian, misalnya pencarian nama 'Nuralamsyah' ditulis lengkap 'Nuralamsyah' , jangan hanya 'alam' atau 'nur'"
4. Maukkan nama yang akan dicari
5. jika sudah ditemukan maka lakukan klik arah panah pada aksi
6. klik Detail setelah itu klik Simpan

Dengan cara diatas maka siswa yang berhasil disimpan  akan Tampil  secara otomatis di siswa Aktif

Sekian artikel penambahan siswa Emis dari pencarian Siswa data referensi

Kembali ada Info

Permasalahan muncul saat menambah siswa baru dari menu cari siswa, setelah bertemu dengan nama siswa pada menu cari siswa tidak secara langsung akan masuk ke siswa aktif karena setelah berhasil menyimpan pada siswa dari menu cari siswa masih membutuhkan approve / Menyetujui dari pihak operator kab/Kota.

Rabu, 20 Maret 2019

WARNA HASIL UAMBNBK UTAMA SESUAI RENTANG 0-100 UAMBNBK


Pelaksanaan UambnBk pada tahun 2019 sudah mulai di laksanakan.
Pelaksanaan Uambnbk tahun 2019 dimulai dengan pelaksanaan Uambnbk pafa jenjang MA  pada tanggal 13 sampai dengan 15 Maret 2019.
Pada pelaksaan Uambn Bk tahun 2019 ini harapan tidak ada kendala dan sukses untukbuambnbk tahun 2019.
Dengan dimulainya UAMBNBK Tingkat Ma tentu ada bebeapa hal yang hatus kita ketahui antaralain :
1. Menyiapkan virtualbox
2. Buka Google chrome
3. Pastikan pada perjalanan virtualBox akan terdapat IP : 192.168.0.101 jika buka itu maka harus di ulang hingga muncul ip tersebut dengsn benar
4. Setlah IP 192.168.0.101 muncul selanjutnya anda dapat menyiapkan username dan pasword
5. Buka google chrome dan masuk link IP: 192.168.0.101 lalu login menggunakan username madrasah.
6. Kita langsung ke pelaksanaan Uambn bk anda dapat memilih label Pelaksanaan UAMBNBK
7. Kontrol Ujian cari dan pilih kabupaten -Jenis Ujian - Jadwal - sesi- server
8. Jika sudah siap klik Mulai maka client akan mengerjakan Soal UAMBNBK 2019.

Hal yang harus diperhatikan pada saat Mulainya pelaksanaan Uambnbk jangan bermain-main untuk menghentikan dengan Klik tombol berhenti jika peserta Ujian UAMBNBK belum selesai 100% mengerjakan.

Karena jika di klik tombol Berhenti Pada Pelaksanaan UAMBNBK jawaban akan segera dikirim.

Setelah pelaksanaan UAMBNBK selesai maka kita dapat melihat hasil Uambmbk yang sudah selesai dikerjakan oleh peserta Uambnbk.
Hasil yang batu saja di kerjakan oleh siswa dapat kita lihat hasil di Label HASIL UAMBN maka anda akan mrlihat hasil yang dikerjakan siswa berupa conteng warnanpafs Uambnbk.

Warna hasil UAMBNBK UTAMA ini mempunyai arti rentang Nilai pada hasil aaUambnbk.

Rentang Hasil Uambnbk mulai dari
# warna Merah 0-40
# Warna kuning 42-60
# warna               62-88
# Warna Biru    90-100

Selasa, 19 Maret 2019

RALAT VERVAL INSENTIF GURU BUKAN PNS TAHUN 2019

Assalamu' alaikum Wr. Wb

Disampaikan dengan hormat, sehubungan adanya beberapa perubahan kebijakan, dengan ini kami sampaikan ralat terkait informasi sebelumnya mengenai Verval Insentif Guru Bukan PNS 2019. Hal-hal terkait mekanisme dan Jadwal verval yang telah disampaikan sebelumnya, mohon diabaikan, sampai menunggu informasi berikutnya.