Visitor

Sabtu, 15 Desember 2018

PDUM- Panduan Penggunaan Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah Operator Proktor Madrasah Langkah 1 Melengkapi Data Proktor


PDUM atau Pangkalan pendataan Ujian Madrasah ada beberapa tahapan yang harus diketahui oleh proktor madrasah, diantaranya :
  1. Tahapan Persiapan
  2. Tahapan Penggunaan Aplikasi
Pada Pangkalan Data Ujian Madrasah tahapan penggunaan aplikasi tugas proktor PDUM melengkapi Profil Proktor, Setelah melakukan login username dan pasword di http://sikurma.kemenag.go.id/pdum/  pada tahapan ini ada beberapa langkah yang harus dikerjakan proktor PDUM.


Panduan Penggunaan Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah Operator Proktor Madrasah Langkah 1 Melengkapi Data Proktor


Menu Data Pengguna, berfungsi untuk mengelola profil proktor madrasah yang bisa mengakses aplikasi PDUM, guna untuk memudahkan menganalisa proktor, dalam penggunaan aplikasi PDUM.
Langkah-langkah mengelola profil proktor:

1) Klik menu data pengguna
2) Silahkan lengkapi nama lengkap pengguna proktor
3) Pilih status kepegawaian
4) Isi NUPTK
5) Isi nomor telpon/hp proktor
6) Isi alamat email, pengisian email ini harus di isi karena untuk memudahkan verifikasi ketika lupa password
7) Selanjutnya isi tahapan pengisian dokumen/photo

8) Upload dokumen/photo proktor
9) Selanjutnya  lengkapi form ubah password


10) Isi password baru dan konfirmasi password tersebut
11) Klik simpan untuk menyimpan data pengguna tersebut

Untuk Lebih lengkapnya silahkan Download  Panduan Penggunaan Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah Operator Proktor Madrasah

KISI-KISI - POS UAMBN DAN JADWAL UN & UAMBN-BK DAN KP MA DAN MTS 2018/2019


Dalamrangka pemetaan mutu pendidikan dan mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan PAI dan Bahasa Arab diMTs danMA,perludilakukan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN)

Dasar Hukum Penyelenggaraan UAMBNTP.2018/2019:
1.SK Dirjen Pendis Nomor 6312 Tahun 2018 tentang Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN)
2.SK Dirjen Pendis Nomor 6552 Tahun 2018 tentang POS UAMBN TP 2018-2019.
3.SK Dirjen Pendis Nomor 5165 Tahun 2018t entang Kisi-kisi UAMBN TP 2018-2019.

TUJUAN DAN FUNGSI

1.UAMBN bertujuan pemetaan mutu pendidikan dan mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MTs dan Asecaranasional.

2.UAMBN berfungsisebagai:
a.bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu madrasah;
b.umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran;
c.alat pengendali mutu pendidikan;
d.Tidak sebagai penentu kelulusan.

DOWNLOAD SOSIALISASI UNBK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

1. KISI-KISI USBN AKIDAH AKHLAK MTS.pdf
1. KISI-KISI_QURAN HADIS_UAMBD MI-1.pdf
2. KISI-KISI AAkidah Akhlak UAMBD MI-1.pdf
2. KISI-KISI AAkidah Akhlak UAMBD MI.pdf

PDUM- DOWNLOAD PANDUAN OPERATOR PROKTOR MADRASAH.PDF/UAMBN-BK 2018/2019

DOWNLOAD OPERATOR PROKTOR MADRASAH
  1. Tahapan PersiapanUntuk membuka aplikasi PDUM, terlebih dahulu pastikan anda terhubung dengan jaringan internet dan mempunyai aplikasi browser seperti Mozila Firefox atau Google Chrome (disarankan menggunakan Google Chrome)

    1.1. Browser
    Langkah pertama anda harus membuka browser untuk memulai aplikasi ini anda bisa membukanya, melalui Google Chrome/Mozila Firefox)
    1.2. Akses PDUM dari Browser
    Untuk mengakses aplikasi Aplikasi PDUM yang pertama setelah anda membuka Browser (Chrome, Firefox, dll), adalah dengan masukan alamat APLIKASI PDUM: dengan memasukan alamat berikut ini, http://sikurma.kemenag.go.id/pdum/
    1.3. Login Aplikasi PDUM

    Hak akses Pihak Madrasah adalah sebagai proktor Madrasah, karena hak dan otoritas nya adalah untuk mengatur data dan lalulintas pemakaian aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah di tingkat Sekolah-sekolah. Sebagai operator pihak madrasah berikut adalah langkah untuk mengakses halaman madrasah guna untuk menginput data aplikasi PDUM.
    Langkah-langkah Login ke dalam Aplikasi:
    1. Masukan username dan password user proktor
    2. Klik Login atau tekan Enter
    3. Kemudian jika pengguna lupa password, silahkan klik disini, maka akan tampil halaman sebagai berikut

           4. Silahkan masukan username proktor untuk mereset ulang password pengguna
2. Tahapan Penggunaan Aplikasi

2.1. Beranda Aplikasi
Setelah anda memasukan Username dan Password lalu anda klik SIGN IN. Anda akan dihadapkan pada tampilan mukadimah penggunaan aplikasi PDUM.

Pada halaman mukadimah ini proktor madrasah silahkan mengikuti langkah langkah yang sudah disediakan mulai dari langkah 1 yaitu melengkapi data proktor, langkah 2 lengkapi data madrasah, langkah 3 upload data siswa, langkah 4 pengecekan data siswa dan langkah 5 cetak kartu ujian siswa. Untuk tahapan-tahapan lebih lengkap akan di jelaskan berikut ini.
2.2. Langkah 1 Melengkapi Data Proktor
Menu Data Pengguna, berfungsi untuk mengelola profil proktor madrasah yang bisa mengakses aplikasi PDUM, guna untuk memudahkan menganalisa proktor, dalam penggunaan aplikasi PDUM.

2.2. Langkah 2 Melengkapi Data Madrasah
Pada menu ini user proktor melengkapi data madrasah dengan mengisi form form yang sudah di sediakan, seperti data umum, data pelaksanaan UAMBN, data kepala madrasah, dan data operator madrasah proktor.berikut tampilan halaman menu sebagai berikut.

2.3. Langkah 3 Upload Peserta

Upload data peserta adalah menu untuk mengupload data siswa yang mengikuti ujian UAMBN baik UAMBN-BK atau UAMBN-KP melalui format excell yang sudah disediakan dan tidak di perkenankan untuk merubah-rubah kembali format tersebut, sehingga bisa menghemat waktu karena tidak menginputkan data siswa satu-satu.

2.4. Langkah 4 Cek Data Siswa

Daftar data siswa pada aplikasi PDUM bersumber dari pihak madrasah yang telah menginputkan terlebih dahulu data siswa yang mengikuti ujian UAMBN baik UAMBN-BK atau UAMBN-KP.

2.5. Langkah 5 Cetak Kartu
Menu cetak kartu berfungsi untuk mencetak kartu peserta UAMBN selain di aplikasi PDUM cetak kartu juga bisa di lakukan di aplikasi offline UAMBNBK jika sudah melakukan sinkronisasi data. Berikut tampilan halaman menu cetak kartu tersebut.






Kamis, 13 Desember 2018

Download Juknis E-manja MI.pptx, EMIS MANAJEMEN UJIAN NASIONAL MI

Pendataan Emis Capesun jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui E-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) sudah dimulai dan dibuka aksesnya melalui link:
http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-mi/login.php
Pendataan dimulai tanggal 12 s/d 22 Desember 2018.
Berdasarkan surat edaran

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI MANAJEMEN UJIAN NASIONAL
  • Username dan password merupakan user dan password yang sama dengan aplikasi emis_madrasah atau yang sudah teregister dalam e-monitor
 
  • Setelah proses autentifikasi berhasil, akan terlihat beranda seperti gambar diatas.bagian kiri terdapat menu Bagian kanan merupakan informasi terait dengan siswa dan pengunduhan file .ez dan  berita Acara
Mengisi data administrasi persuratan
Dapat diakses melalui menu bagian kiri. Klik Informasi - Dokumen
Terdiri dari 3 kelompok Data :
  • Informasi Kepala Madrasah
Melengkapi Nama (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil), NIP (jika ada) dan Alamat (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil. Sebaiknya di ketik manual, kalaupun dicopy paste pastikan alamat dalam satu baris. Contoh Jl. Gunung Sahari No. 123 RT.001 RW.002 Kec. Pasar Baru. Kota Jakarta Pusat. DKI Jakarta)
  • Informasi Panitia UN
Diisi sesuai data penyelenggara UN (penerima file .ez).
Melengkapi Nama (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil), NIP (jika ada) dan Alamat (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil. Sebaiknya di ketik manual, kalaupun dicopy paste pastikan alamat dalam satu baris. Contoh Jl. Gunung Sahari No. 123 RT.001 RW.002 Kec. Pasar Baru. Kota Jakarta Pusat. DKI Jakarta)
  • Informasi Kasi Madrasah/Pendidikan Islam
diisi brdasarkan Kasi Madrasah/Pendidikan Islam Kab/kota. Melengkapi Nama (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil), NIP (jika ada)




Untuk mendapatkan  templat, pada bagian kiri klik ‘template’.

Template terdiri dari 2 bagian :
  • Template Siswa
Klik template - Siswa Kelas Akhir, secara otomatis aplikasi akan memfilter siswa kelas akhir yang akan mengikuti UN.
Dilarang mengcopy paste data Siswa. Dikarenakan setiap siswa akan ID Siswa yang berbeda

  • Template Ruang Kelas
Fungsinya template ini, mengambil kode dan nama rombel  sebagai referensi pada pengisian data Template Siswa.

Klik template - Ruang Kelas, secara otomatis aplikasi akan menampilkan data ruang kelas / rombel beserta kode rombel. Jika ruang kelas belum lengkap, pengguna dapat menambahkan. Dilarang/hindari menghapus Ruang Kelas/Rombel. Karena akan mempengaruhi data EMIS_MADRASAH 
Dilarang mengcopy paste data Ruang Kelas. Dikarenakan setiap siswa akan ID Rombel yang berbeda

Cari Siswa
Fungsi menu ini adalah untuk mencari siswa yang belum masuk dalam daftar siswa kelas akhir (dikarenakan proses mutase) yang akan mengikuti UN.

Setelah dilakukan pencarian akan terlihat informasi Siswa beserta ID EMIS.

ID EMIS ini yang nanti akan dimasukan dalam baris baru/registrasi pada file template. Untuk ID Madrasah/Sekolah dapat mengcopy paste dari baris sebelumnya.


Download Juknis E-manja MI.pptx

FORMAT TANGGAL LAHIR PADA ARD OFFLINE AGAR TIDAK 2036


FORMAT TANGGAL LAHIR PADA ARD OFFLINE AGAR TIDAK 2036
Operator Ard offline sudah mulai mengerjakan rapor untuk membuat username dan pasword untuk guru supaya guru dapat menginput data nilai ke ard Offline, dengan menjadikan komputer guru sebagai client.

Pengisian profil lembaga, mata pelajaran dan menyesuaikan dengan guru yang mengajar merupakan pekerjaan operator yang menjadikan server ard offline pada komputernya.

Tugas operator lainnya pada pengerjaan ard offline yaitu mengisi data Siswa, pengisian data siswa dapat dilakukan dengan cara pengisian manual dan juga bisa dengan cara upload template siswa ke aplikasi rapor ard offline.

Pada saat penginputan siswa pada aplikasi rapor ard offline lebih efektif menggunakan template siswa yang sudah tersediakan, karena dengan menyesuaikan data per kolom pada template siswa,seluruh siswa yang ada pada template siswa akan langsung masuk menjadi siswa pada aplikasi rapor ard offline.

Lebih efektif menggunakan template siswa untuk input data siswa pasti lebi meringankan tugas operator madrasah/ sekolah, akan tetapi ada masalah yang ditemukan operator pada saat menginput data siswa ke aplikasi rapor ard offline, masalah ini tentu akan menghambat pekerjaan operator madrasah, karena pada saat mengupload template siswa ard offline dan berhasil masuk, disitu tidak ada menu delete seluruhnya, operator hanya dapat menghapus satu per satu data siswa jika ditemukan kesalahan.

dengan itu artikel ini diterbitkan untuk membantu para operator mengatasi permasalahan pada template siswa pada ard offline.

Pembahasan pada artikel ini tentang Kesalahan tanggal lahir saat berhasil upload di aplikasi rapor ard offline, banyak dari kawan-kawan operator yang berhasil upload template siswa ke aplikasi rapor ard offline, akan tetapi saat melihat hasil pada profil siswa ditemukan kesalahan tanggal, bulan dan tahun siswa,kesalahan ini hampir seluruh siswa mengalami permasalahan tanggal lahir, bulan dan tahun, pengalaman admin tahun siswa menjadi 2036, jika ingin membenahi harus diedit satu persatu, bagaimana jika siswanya 200 siswa dan mengalami kesalahan, apakah harus di edit satu persatu tentu admin rasa akan menghabiskan waktu saja.

disini admin akan membagikan cara mengatur tanggal bulan dan tahun lahir siswa pada template aplikasi rapor ard offline.

Jika kita lihat format pada template siswa aplikasi rapor ard offline, tanggal lahir bulan lahir dan tahun lahir disarankan menggunakan format dd/mm/yyyy akan tetapi yang admin alami saat mengganti tanggal lahir sesuai format template siswa tanggal lahir siswa pada aplikasi rapor ard offline berubah menjadi 2036 seluruh siswa.

Dengan adanya pengalaman ini admin tidak bisa menghapus seluruhnya, dgan admin pun lelah jika harus meedit seluruh siswa untuk merubah ttl siswa, maka adminpun meninstal ulang aplikasi rapor ard offline nya dan ternyata setelah reinstal data yang disikan pada aplikasi rapor ard offline semua  terhapus termasuk data siswa yang barusan di upload.

Saran Admin Kepada Pembaca
Jika ingin menggunakan template siswa isikan satu ayau dua siswa dulu sebagai percobaan jika sudah benar maka siswa lain tinggal menyesuaikan format yang sudah berhasil.

lanjut permasalahan TTL siswa yang menjadi 2036 dengan pengalaman diatas akhirnya admin mencoba mengisi template siswa dengan 1 nama siswa dan TTL siswa dengan format dd-mm-yyyy dan hasilnya tanggal, bulan tahun lahir siswa sesuai dengan template.



MENGHUBUNGKAN SERVER APLIKASI RAPOR ARD OFFLINE KE KOMPUTER GURU


MENGHUBUNGKAN SERVER APLIKASI RAPOR ARD OFFLINE KE KOMPUTER GURU

Pelaksanaan penilaian akhir semester gazal telah selesai, tinggal mengoreksi lembar jawaban siswa dan membuat nilai yang nantinya akan diinput ke aplikasi rapor ard offline oleh semua guru sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing, akan tetapi dengan adanya aplikasi rapor ard offline ini guru harus bekerja mengisi nilai pada ard offline dengan cara membuka penilaian sesuai dengan masing-masing siswa kelas, tidak lagi mengisi nilai siswa satu layar terlihat semua data siswa satu kelas.

Tugas guru menginput nilai pada ard offline tentu tidak harus mengganggu aplikasi rapor yang dijadikan server, dengan itu dalam artikel ini membahas bagaimana caranya guru dapat mengolah nilai dan menginput nilai di komputer dan laptonya masing-masing akan tetapi nilai yang di input pada aplikasi rapor ard offline singkron dengan server aplikasi rapor ard offline sehingga nilai dapat diolah oleh wali kelas untuk dijadikan rapor yang dapat di print out.

Sebenarnya simpel untuk menjadikan client labtop guru atau komputer guru, supaya dapat mengerjakan input nilai di aplikasi rapor ard offline .

langkah yang pertama
  • Tugas operator adalah menginstal aplikasi rapor ard offline
  • memberikan informasi Login Guru dengan NIP dan pasword 
  • Siapkan hp android dan hidupkan hotspot portable koneksikan dengan komputer operator yang sudah terinstal ard offline, klik nama hostpot portable masukkan kata kunci, Misalnya hostpotnya bernama "ard offline"  pasword "12345" setelah tersambung selanjutnya siapkan guru dengan perangkatnya laptop/ komputernya.
  • cari ip adress komputer yang di telah terinstal ard offline semisal "192.198.43.241"
Langkah Kedua
  • Tugas Guru meminta nama dan pasword hostpotnya yang diberinama "ard offline"  pasword "12345"
  • Sambungkan laptop guru atau komputer guru melalui  hostpot/ wifi
  • Minta Ip adress "192.198.43.241" ke operator
  • Setelah mendapatkan Ip adress dari operator selanjutnya tambahkan :88 (titik dua 88) jadinya 192.198.43.241:88
  • Selanjutnya guru membuka mozila atau chrom tanpa harus koneksi internet  , masukkan ip adress 192.198.43.241:88 ke link


  • selanjutnya Enter maka akan tampil branda aplikasi rapor offline di labtop guru/ komputer guru
  • Selanjutnya login sesuai dengan jenjang lembaganya masing-masing menggunakan NIP dan Pasword yang telah diberikan operator


INFORMASI TERKAIT PPG DAN UTN ULANG

Assalamualaikum Wr. Wb

Bersama ini kami sampaikan informasi terkait seleksi akademik pretes PPG  diumumkan pada layanan SIMPATIKA melalui akun individu masing-masing, perlu kami sampaikan tidak semua peserta yang lulus akan lolos menjadi mahasiswa PPG dikarenakan kuota yang terbatas, bagi peserta yg tidak mendapatkan kuota akan dialokasikan ke kuota cadangan,bagi seluruh peserta yg lulus, lolos maupun cadangan wajib mengunggah pakta integritas melalui akun individu masing-masing dilayanan simpatika. 
Batas waktu pengunduhan dan pengunggahan kembali pakta integritas sampai tanggal 16 Desember 2018.
Selanjutnya untuk peserta UTN ulang PLPG 2017 s.d. saat ini masih menunggu informasi dari LPTK
Demikian kami sampaikan,atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb