Visitor

Rabu, 13 Juli 2016

Soal Ulangan Kelas 3 SD/MI IPA Ciri-ciri Makhluk Hidup

Soal Uji Kompetensi atau soal Ulangan Harian Kelas 3 SD/MI Mapel IPA Bab Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup. Dalam artikel ini tersedia dua pilihan (2 versi) soal ulangan harian dalam bentuk file microsoft word. Di samping itu juga sebuah aplikasi kuis interaktif berbasis flash berisikan soal-soal latihan terkait materi Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, pokok bahasan Ilmu Pengetahuan Alam di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar.

Materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 3 Semester gasal, salah satu standar kompetensi yang diajarkan adalah Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup. Dengan kompetensi dasar Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

Soal Ulangan Harian Ciri Makhluk Hidup


Dari kompetensi dasar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup tersebutlah, butir-butir soal ulangan harian (uji kompetensi) IPA Kelas 3 SD/MI ini disusun. Pun dengan kuis interaktif latihan soal.

Baca juga soal ulangan harian mata pelajaran IPA lainnya:

Download Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI)


Untuk membantu siswa-siswi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dalam menguasai kompetensi dasar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup, disusunlah soal Ulangan Harian Kelas 3 SD/MI Mapel IPA Bab Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup.

Soal sengaja ditulis dalam format dokumen microsoft word sehingga akan mudah untuk diedit dan disesuaikan dengan kondisi di setiap sekolah (madrasah). Baik penyesuaian dalam hal tampilan maupun isi dan butir-butir soal. Sehingga ketika dicetak, siswa dapat mengerjakannya secara maksimal.

Agar bapak/ibu guru kelas 3 memiliki pilihan, Ayo Madrasah sengaja menghadirkan dua versi soal. Kedua versi soal tersebut adalah:
  • Versi 1 Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI), dengan komposisi terdiri atas 15 butir soal pilihan ganda, 10 butir soal isian singkat, dan 5 butir soal uraian.
  • Versi 2 Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI), dengan komposisi terdiri atas 10 butir soal pilihan ganda, 10 butir soal isian singkat, dan 5 butir soal uraian.
Untuk mengunduh, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup Versi 1; DOWNLOAD
  • Soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup Versi 2; DOWNLOAD

Kuis Interaktif Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI)


Melengkapi soal ulangan harian atau uji kompetensi sebagaimana tersebut di atas, Ayo Madrasah pun telah menyusun sebuah kuis interaktif dengan memanfaatkan aplikasi berbasis flash. Kuis interaktif ini berisikan latihan soal terkait dengan kompetensi dasar mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

Kuis interaktif mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dapat dikerjakan secara online maupun offline. Untuk mengerjakan secara online, usahakan menggunakan komputer desktop atau laptop dengan browser mozilla firefox atau google chrome. Karena jika menggunakan gadget android sering kali tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Kuis interaktif tersebut dapat dijalankan secara langsung di bawah ini. Tunggu proses loading hingga terbuka penuh (100%). Gunakan password: ayomadrasah untuk memulai kuis.



Selain secara online, kuis interaktif mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dapat juga dikerjakan secara offline. Caranya cukup dengan mengundul file (link download di bagian bawah) kemudian jalankan file tersebut dengan menggunakan program pemutar flash atau browser semacam mozilla firefox, internet explorer, atau google chrome.

Kuis Interaktif Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI); DOWNLOAD

Itulah Soal Uji Kompetensi atau soal Ulangan Harian Ciri-ciri Makhluk Hidup (IPA Kelas 3 SD/MI) sekaligus Kuis Interaktif dengan kompetensi dasar yang sama. Semoga membawa keberkahan bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Amin.

Soal Ulangan Harian IPA Kelas 4 SD/MI Rangka Manusia

Soal Ulangan Harian mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas 4 Semester Gasal Bab I tentang Rangka Tubuh Manusia. Soal ini menjadi Uji Kompetensi materi pelajaran IPA Kelas 4 Semester Gasal materi Rangka Manusia.

Sebagaimana seri soal ulangan harian lainnya, blog Ayo Madrasah menyediakan beberapa versi soal dalam format microsoft word dan satu soal dalam bentuk aplikasi kuis interaktif berbasis flash.

Baca Juga:


Materi dalam soal ini seputar materi tentang:
  • Tulang-Tulang Penyusun Rangka
  • Fungsi dan Kegunaan Rangka Manusia
  • Gangguan pada Rangka dan Cara Mencegahnya

Soal Ulangan Harian Rangka Manusia


Download Soal Ulangan Harian IPA Kelas 4 SD/MI Bab Rangka Manusia


Soal Ulangan Harian mata pelajaran IPA SD/MI Kelas 4 Bab Rangka Manusia ini disusun dalam format microsoft word. Dengan format dokumen ini, guru madrasah dapat melakukan perbaikan soal, baik dari segi materi maupun tampilan, sebelum soal dibagikan dan dikerjakan oleh siswa-siswi kelas 4.

Tidak cukup satu.

Ayo Madrasah menyediakan soal ulangan harian ini dalam dua versi. Kedua versi tersebut adalah:

  • Uji Kompetensi Versi 1; terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian.
  • Uji Kompetensi Versi 2; terdiri atas 10 butir soal pilihan ganda, 10 butir soal isian singkat, dan 5 butir soal uraian.
Untuk mendownload kedua versi soal Ulangan Harian IPA Kelas 4 SD/MI tersebut silakan, klik tautan di bawah ini.

Uji Kompetensi IPA SD/MI 411, DOWNLOAD
Uji Kompetensi IPA SD/MI 412, DOWNLOAD

Silakan bebas dipilih. Salah satunya atau pun kedua-duanya.

Kuis Interaktif Rangka Manusia (IPA Kelas 4 SD/MI)


Selain memberikan soal ulangan harian (Uji Kompetensi), Ayo Madrasah pun telah menyusun sebuah kuis interaktif terkait materi Rangka Manusia.

Kuis interaktif ini dapat dikerjakan secara online maupun offline (tanpa jaringan internet). Untuk mengerjakan secara online cukup dengan menggunakan tampilan yang tersaji di bagian bawah ini. Usahakan untuk menggunakan komputer desktop atau laptop, karena jika menggunakan android sering kali tidak dapat terbuka secara maksimal.

Silakan memulai kuis interaktif tersebut di sini. Tunggu proses loading hingga terbuka penuh (100%). Gunakan password: ayomadrasah untuk memulai kuis.


Kuis interaktif tentang sistem rangka manusia tersebut dapat juga dijalankan secara offline.

Untuk mengerjakan secara offline (tanpa sambungan internet) pertama-tama download filenya (link download di bagian bawah) kemudian file download dengan software flash player atau dengan menggunakan browser (mozilla firefox atau google chrome).

Kuis Interaktif Rangka Manusia, DOWNLOAD

Itulah kedua versi soal Ulangan Harian IPA Kelas 4 SD/MI Rangka Manusia (dalam format microsoft word) dan kuis interaktif tentang sistem rangka manusia. Semoga kesemuanya dapat memperkaya pilihan media pembelajaran dan uji kompetensi bagi anak didik Madrasah Ibtidaiyah yang pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar sesuai yang diharapkan.

Amin.

Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud), Anies Baswedan, mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah. Dalam hari pertama sekolah yang direncanakan jatuh pada tanggal 18 Juli 2016 kelak ini, beberapa hal menjadi imbauan Mendikbud, baik kepada orang tua siswa, guru, dan semua pihak terkait. Surat yang ditandatangani pada 11 Juli 2016 dan beredar pada Rabu (13/7/2016) ini ditujukan kepada semua gubernur dan bupati/walikota di seluruh Indonesia.

Mendikbud mengampanyekan pentingnya Hari Pertama Sekolah dan mengajak para orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah tersebut.

"Hari pertama sekolah juga menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah," demikian tulis Anies Baswedan dalam Surat Edarannya.

Hari Pertama Sekolah


Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah


Berikut Surat Edaran tentang Hari Pertama Sekolah tersebut,



MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA

SURAT EDARAN
NOMOR: 4 TAHUN 2016
TENTANG HARI PERTAMA SEKOLAH

Yth.
1. Gubernur
2. Bupati/Walikota
Seluruh Indonesia

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua.

Dengan hormat,
Pada hari Senin tanggal 18 Juli 2016 mendatang, sebagian besar sekolah di Indonesia akan mengawali tahun pelajaran baru 2016-2017. Untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang lebih positif dan menyenangkan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu diadakan kampanye Hari Pertama Sekolah yang mengajak orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama.

Hari Pertama Sekolah juga menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Demi meningkatkan capaian kampanye Hari Pertama Sekolah kepada publik luas di seluruh daerah Nusantara, maka dengan ini kami mengajukan harapan kepada Saudara sebagai Kepala Daerah untuk turut mendukung penyebaran pesan Hari Pertama Sekolah. Beberapa bentuk dukungan yang dapat diberikan di antaranya:

  1. Mendorong aparatur sipil daerah untuk mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama dan memberikan dispensasi dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah.
  2. Mendukung sekolah dalam menyambut siswa baru dan berinteraksi dengan orangtua.
  3. Menyampaikan pesan kepada instansi swasta di daerah agar memberi dispensasi bagi karyawan untuk dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama.
  4. Menggunakan berbagai kanal komunikasi di daerah untuk menyebarkan pesan Hari Pertama Sekolah kepada publik luas di daerah saudara.

Demikian surat ini kami kirimkan agar mendapatkan dukungan dari Saudara. Atas perhatian dan bantuan Saudara kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jakarta, 11 Juli 2016
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,
Anies Baswedan

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah format pdf, DOWNLOAD


Selasa, 12 Juli 2016

Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 Bab I SD/MI

Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 Bab I SD/MI ini adalah salah satu Seri Soal Ulangan Harian (Uji Kompetensi). Blog Ayo Madrasah sebelumnya juga telah merilis Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 Ciri Khusus Makhluk Hidup.

Pada Soal Ulangan Harian Kelas 5 SD/MI untuk Pelajaran IPA Bab I kali ini, Ayo Madrasah telah menyiapkan tiga jenis soal dalam format microsoft word dan satu soal dalam bentuk kuis interaktif.

Soal dalam bentuk microsoft word ini ditujukan agar guru dapat mengedit dan memperbaiki soal ulangan harian tersebut sebelum diberikan kepada siswa untuk dikerjakan. Baik perbaikan dalam bentuk tampilan maupun perbaikan butir-butir soal berdasarkan kisi-kisi soal yang dipunyai atau indikator yang hendak diraih.

Sedangkan soal dalam bentuk kuis interaktif lebih ditujukan sebagai madia latihan yang menyenangkan bagi peserta didik. Peserta didik, siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah ataupun Sekolah dasar, dapat mencoba mengerjakannya secara online (langsung di blog Ayo Madrasah) ataupun diunduh terlebih dahulu sehingga dapat dikerjakan secara offline (tanpa tersambung internet).

Soal Ulangan Harian Alat Pernafasan


Download Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 Bab I


Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 5 SD/MI Bab I menerangkan tentang Alat Pernapasan Manusia dan Hewan atau Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Alat Pernafasan pada Manusia dan Hewan, Alat Pencernaan dan Peredaran darah Manusia).

Untuk itu, Ayo Madrasah menyediakan tiga paket soal ulangan harian atau uji kompetensi dalam format microsoft word. Ketiganya adalah:

  1. Versi 1 : Tentang Alat Pernapasan Manusia dan Hewan yang terdiri atas 15 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.
  2. Versi 2 : Tentang Organ Tubuh Manusia dan Hewan yang terdiri atas 10 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, dan 5 soal uraian.
  3. Versi 3 : Tentang Alat Pernapasan Manusia dan Hewan yang terdiri atas 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.
Ketiganya dibuat dalam format microsoft word sehingga memudahkan bagi para guru jika ingin melakukan perubahan dan perbaikan, tentunya untuk disesuaikan dengan kondisi siswa di madrasah masing-masing.

Untuk mendowload ketiga versi Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 SD/MI tersebut klik tautan di bawah ini.

  • Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 SD/MI Bab 1 Versi I, DOWNLOAD
  • Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 SD/MI Bab 2 Versi I, DOWNLOAD
  • Soal Ulangan Harian IPA Kelas 5 SD/MI Bab 3 Versi I, DOWNLOAD

Sila pilih yang disukai!

Kuis Interaktif IPA Kelas 5 SD/MI Bab Alat Pernapasan Manusia dan Hewan


Untuk memperkaya media pembelajaran dan media latihan bagi siswa, blog Ayo Madrasah membuat sebuah kuis interaktif sederhana. Kuis interaktif sebagai pelengkap soal Uji Kompetensi ini dapat dikerjakan secara online (membutuhkan sambungan internet) maupun secara offline (tanpa sambungan internet).

Untuk mengerjakan secara online, kuis interaktif IPA ini dapat dikerjakan langsung di bagian bawah halaman ini. Sedangkan jika ingin mengerjakan secara offline, silakan download dulu (link download di bagian bawah), kemudian simpan di laptop atau komputer masing-masing. 

Sebelum menjalankan secara offline, pastikan komputer sudah terinstal program (aplikasi) untuk memutar file flash (swf) seperti GOM Media Player, Flash Player, atau jika tidak memiliki bisa juga membukanya dengan memakai browser layaknya Mozilla Firefox atau Google Chrome.

Saat pertama kuis interaktif akan meminta memasukkan password. Ketikkan saja password : ayomadrasah

Kuis Interaktif Online. Silakan langsung mengerjakan di bawah ini (tunggu sejenak proses loading hingga terbuka penuh).



Kuis interaktif Offline. Silakan download di bawah ini.

Kuis Interaktif IPA Kelas 5 SD/MI Bab Alat Pernapasan Manusia dan Hewan, DOWNLOAD

Itulah tiga versi soal Uji Kompetensi (Ulangan Harian) dalam bentuk microsoft word dan Kuis Interaktif tentang Bab I Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Semoga semakin menambah semangat guru dan siswa dalam belajar mengajar materi Ilmu Pengetahuan Alam.

Minggu, 10 Juli 2016

Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 Ciri Khusus Makhluk Hidup

Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 SD/MI Bab Ciri Khusus Makhluk Hidup merupakan bagian dari Seri Soal Ulangan Harian dan Media Pembelajaran di blog Ayo Madrasah ini.

Soal-soal Ulangan Harian ini bisa menjadi media latihan bagi anak-anak siswa kelas 6 SD/MI dalam mendalami materi pelajaran yang diterimanya. Sebagai salah satu alat ukur indikator hasil belajar yang diraihnya.

Bagi rekan-rekan guru Madrasah, Soal Ulangan Harian ini pun dapat digunakan sebagai soal ulangan di kelas masing-masing. Karena soal disusun dalam format microsoft word, maka rekan-rekan guru madrasah dapat melakukan editing (perbaikan) baik dari segi materi soal maupun tampilan soal. tentunya agar lebih sesuai dengan materi pelajaran yang telah diajarkan.

Soal Ulangan harian IPA


Di samping itu, Ayo Madrasah menyediakan dua versi Soal Ulangan Harian mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam kelas 6 pada materi Ciri-ciri Khusus Makhluk Hidup. Dengan dua versi soal tersebut, rekan-rekan guru dapat memilih mana soal yang diinginkan. Versi pertama terdiri atas dua jenis soal yakni soal pilihan ganda dengan 15 butir soal dan uraian dengan 5 butir soal. Sedangkan versi kedua terdiri atas 10 soal pilihan ganda, 5 soal jawaban singkat, dan 5 soal uraian.

Soal-soal pada bab ini secara garis besar berisikan tentang setiap hewan dan tumbuhan memiliki kemampuan atau ciri khusus tersendiri. Dengan ciri khusus tersebut makhluk hidup tersebut dapat memperoleh makanan dan mempertahankan hidupnya.

Silakan dipilih mana jenis soal yang dikehendaki.

Masih belum cukup?

Jika menghendaki, tersedia juga soal dalam bentuk kuis online yang dapat dikerjakan secara langsung. Soal dalam bentuk kuis interaktif ini telah dilengkapi fasilitas koreksi online sehingga anak didik yang mengerjakan langsung dapat mengetahui hasil jawabannya lengkap dengan skor (nilai) yang diperolehnya.

Kuis Online IPA Kelas 6 SD/MI Materi Ciri-ciri Khusus Makhluk Hidup


Untuk mengerjakan soal Ulangan Harian versi kuis online interaktif, langsung mengerjakan di bawah ini. Tunggu sebentar hingga tampilannya muncul sempurna. Untuk mulai mengerjakan, silakan masukkan password: ayomadrasah



Jika ingin mengerjakan kuis tersebut secara ofline, silakan download filenya di bawah ini.
Download File Kuis Uji Kompetensi IPA Kelas 6 DI SINI

Download Soal Ulangan Harian IPA SD/MI Kelas 6


Sedangkan jika ingin mendownload dan mencetaknya, silakan klik tautan yang tersedia di bawah ini.

  • Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 SD/MI Bab Ciri-ciri Khusus Makhluk Hidup VERSI 1
  • Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 SD/MI Bab Ciri-ciri Khusus Makhluk Hidup VERSI 2

Itulah beberapa versi Uji Kompetensi atau Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 SD/MI Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup. Simak juga seri soal ulangan harian lainnya. Semoga bermanfaat.

Sabtu, 09 Juli 2016

Berapakah Jumlah RA & Madrasah di Indonesia?

Berapakah jumlah RA dan Madrasah yang ada di Indonesia? Sebuah pertanyaan iseng yang cukup menggelitik buat warga madrasah yang setiap hari berkecipung di dunia pendidikan madrasah. Baik jumlah total keseluruhan lembaga madrasah dari semua jenjang ataupun jumlah lembaga madrasah perjenjang, mulai RA, MI, MTs, dan MA.

Pun berapakah jumlah lembaga Madrasah di setiap provinsi?

Madrasah adalah institusi pendidikan atau sekolah umum yang memiliki kurikulum dengan penambahan pelajaran-pelajaran tentang keislaman. Berbeda dengan sekolah lainnya yang pembinaanya di bawah Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Madrasah dikelola di bawah pembina Kementerian Agama. Terdapat tiga jenjang Madrasah yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang setara dengan SD, Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang setara SMP, dan Madrasah Aliyah (MA) yang setara SMA. Sedangkan RA adalah jenjang pendidikan anak usia dini yang setara dengan Taman Kanak-Kanak (TK) dengan pengelolaan di bawah binaan Kementerian Agama.

Jumlah Madrasah


Jumlah RA & Madrasah di Indonesia Per Jenjang


Sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari situs Emis Pendis Kemenag, hingga Semester Genap 2015/2016, jumlah RA dan Madrasah di Indonesia mencapai 77.336 lembaga.

Jumlah tersebut terdiri atas:

NoJenjangJumlah lembaga
1RA (Raudlatul Athfal)27,999
2MI (Madrasah Ibtidaiyah)24,560
3MTs (Madrasah Tsanawiyah)16,934
4MA (Madrasah Aliyah)7,843

Grafik Jumlah Madrasah Perjenjang


Jumlah Madrasah Negeri dan Swasta di Indonesia


Dari total 49.337 Madrasah (tidak termasuk RA) yang ada di Indonesia, sebagian besar, sekitar 92,1 % (45.451) adalah madrasah swasta. Dan hanya 7,9 % (3.886) saja yang merupakan Madrasah Negeri.

Untuk masing-masing jenjang, jumlahnya adalah sebagai berikut:

  1. Madrasah Ibtidaiyah Negeri sejumlah 1.686
  2. Madrasah Ibtidaiyah Swasta sejumlah 22.874
  3. Madrasah Tsanawiyah Negeri sejumlah 1.437
  4. Madrasah Tsanawiyah Swasta sejumlah 15.497
  5. Madrasah Aliyah Negeri sejumlah 763
  6. Madrasah Aliyah Swasta sejumlah 7.080
Grafik Perbandingan Madrasah Negeri dan Swasta

Grafik Perbandingan Madrasah Negeri dan Swasta


Jumlah Madrasah di Indonesia ini tentunya terpaut cukup signifikan jika dibandingkan dengan sekolah yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari kesemua jenjang dan statusnya, hanya Madrasah Aliyah Swasta saja yang jumlahnya melebihi jumlah SMA Swasta di Indonesia.

NoJenjangNegeriSwastaJumlah
1SD132,77715,948148,725
2MI1,68622,87424,560
3SMP22,70215,23037,932
4MTs1,43715,49716,934
5SMA6,5127,05813,570
6MA7637,0807,843

Jumlah Madrasah Per-Provinsi di Indonesia


Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah RA/Madrasah terbanyak di Indonesia. Provinsi paling timur di pulau Jawa ini memiliki 19.122 lembaga. Disusul oleh Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan jumlah masing-masing 14.197 dan 10.901 lembaga.

Jawa Timur juga menjadi provinsi dengan jumlah terbanyak di setiap jenjang dan status madrasah, kecuali untuk jumlah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di mana provinsi Nanggroe Aceh Darussalam tercatat memiliki MIN terbanyak yaitu 433 lembaga.

Jumlah Madrasah Per-Provinsi di Indonesia

Itulah data jumlah RA dan Madrasah di Indonesia baik perjenjang pendidikan, status negeri/swasta, maupun jumlah di tiap provinsi.

Referensi: emispendis.kemenag.go.id/madrasah1516

Kamis, 07 Juli 2016

Wewenang, Syarat, Prosedur Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah dan STTB

Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah dan STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) pada Madrasah di lingkungan Kemenag telah diatur khusus melalui Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5343 Tahun 2015. Keputusan yang dikeluarkan pada tanggal 17 September 2015 ini mengatur tentang kewenangan, persyaratan, dan prosedur Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah dan STTB (Surat Tanda Tamat Belajar).

Juknis ini juga mengatur tentang tatacara pengesahan fotocopi ijazah dan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) pada madrasah di lingkungan Kemenag.

Surat Keterangan Penganti (SKP) Ijazah / Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) diberikan karena suatu hal seperti hilang, kesalahan penulisan, atau rusak (baik tidak bisa dibaca sebagian ataupun seluruhnya).

Surat Keterangan Pengganti Ijazah


Tata aturan untuk mendapatkan atau menerbitkan Surat Keterangan Penganti (SKP) Ijazah / Surat Tanda Tamat Belajar (STTB), sebagaimana diatur dalam Bab III Juknis Nomor 5343 Tahun 2015 adalah sebagai mana berikut.

Yang Berwenang Menerbitkan


Tata urutan pejabat yang memiliki kewenangan untuk menerbitkan Surat Keterangan Penganti (SKP) Ijazah / Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) karena hilang, rusak atau terdapat kesalahan dalam penulisan, beserta bentuknya yaitu:

  1. Karena hilang; SKP Ijazah/STTB diterbitkan oleh Kepala Madrasah yang bersangkutan dengan diketahui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang bersangkutan. Bentuknya berupa Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB (FM-SKP-09).
  2. Karena kesalahan penulisan; Diterbitkan oleh Kepala Madrasah yang bersangkutan dengan diketahui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang bersangkutan. Bentuknya berupa Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah/STTB (FM-SKP-10).
  3. Karena rusak (baik tidak bisa dibaca sebagian ataupun seluruhnya); Diterbitkan oleh Kepala Madrasah yang bersangkutan dengan diketahui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang bersangkutan. Bentuknya Surat Keterangan Kerusakan Ijazah/STTB (FM-SKP-11).
Apabila dikarenakan keberadaan Madrasah yang menerbitkan Ijazah/STTB telah berganti nama, beralih status, dan tidak beroperasi (tutup), kewenangan menerbitkannya adalah sebagai berikut:
  1. Madrasah telah digabung dengan madrasah lain; Penerbitan SKP Ijazah/STTB dilakukan oleh Kepala Madrasah hasil penggabungan dengan diketahui Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.
  2. Madrasah telah berganti nama; Diterbitkan oleh Kepala Madrasah sesuai penamaan baru dengan diketahui Kepala kantor Kemenag Kabupaten/Kota.
  3. Madrasah telah beralih status (dari Madrasah Swasta menjadi Madrasah Negeri); Diterbitkan oleh Kepala Madrasah hasil peralihan status dengan diketahui oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.
  4. Madrasah telah tidak beroperasi (tutup); Madrasah ini seperti adrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTsAIN), Madrasah Alijah Agama Islam Negeri (MAAIN), Pendidikan Guru Agama Persiapan (PGAP) 4 Tahun, Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 6 Tahun, Pendidikan Pegawai Urusan dan Peradilan Agama Negeri (PPUPAN), Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri (SPIAIN), Sekolah Guru Hakim Agama (SGHA), dan sejenisnya, SKP Ijazah/STTB diterbitkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dengan diketahui Dirjen Pendis.
  5. Madrasah telah tidak beroperasi (tutup) tetapi bukan yang tercantum di atas (poin 4), Diterbitkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dengan diketahui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.
  6. Madrasah di Timor Timur (saat masih menjadi bagian NKRI); Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota tempat domisili dengan diketahui oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi atau oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi dengan diketahui Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Syarat Memperoleh Surat Keterangan Penganti Ijazah/STTB


Syarat untuk penerbitan Surat Keterangan penganti Ijazah/STTB karena hilang, adalah:
  1. Pemohon adalah pemilik Ijazah/STTB yang hilang.
  2. Jika bukan, dapat dikuasakan oleh pemilik Ijazah/STTB dengan mengisi form FM-SKP-04
  3. Mengisi dan menyerahkan formulir permohonan (FM-SKP-01)
  4. Menandatangani dan menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (FM-SKP-05)
  5. Menyerahkan fotokopi Ijazah/STTB yang hilang, buku rapor asli (dan atau dokumen lain yang terkait) sebagai bahan memvalidasi keabsahan kepemilikan Ijazah/STTB.
  6. Menyerahkan surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian
  7. Apabila tidak ditemukan data diri pemohon pemilik Ijazah yang hilang, maka:
    1. menghadirkan 2 (dua) orang saksi teman lulus satu angkatan pada madrasah yang sama
    2. menyampaikan salinan putusan/fatwa dari pengadilan terkait kehilangan Ijazah
Syarat penerbitan Surat Keterangan penganti Ijazah/STTB karena Kesalahan Penulisan Ijazah/STTB, adalah:
  1. Pemohon adalah pemilik Ijazah/STTB
  2. Bila dikuasakan, mengisi form FM-SKP-04
  3. Mengisi dan menyerahkan formulir permohonan (FM-SKP-02)
  4. Menyerahkan fotokopi Ijazah/STTB yang salah penulisannya
  5. Menunjukkan Ijazah/STTB asli yang salah penulisannya
  6. Menandatangani dan menyampaikan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (FM-SKP-06)
  7. Menyampaikan dan/atau menunjukkan keterangan/bukti/alasan yang menunjukkan adanya kesalahan penulisan pada Ijazah/STTB
Syarat penerbitan Surat Keterangan Kerusakan Ijazah/STTB, adalah:
  1. Pemohon adalah pemilik Ijazah/STTB yang rusak
  2. Bila dikuasakan, mengisi form FM-SKP-04
  3. Mengisi dan menyerahkan formulir permohonan (FM-SKP-03)
  4. Menandatangani dan menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (FM-SKP-07)
  5. Menyerahkan fotokopi Ijazah/STTB yang rusak tidak dapat dibaca sebagian/seluruhnya.
  6. Menunjukkan Ijazah/STTB asli yang rusak tidak dapat dibaca sebagian/seluruhnya

Contoh Surat Keterangan Pengganti Ijazah


Prosedur Penerbitan Surat Keterangan Penganti Ijazah/STTB


Prosedur Penerbitan Surat Keterangan Penganti Ijazah/STTB dibedakan menjadi dua yaitu bagi Jazah/STTB yang dikeluarga oleh madrasah yang masih beroperasi dan madrasah yang sudah tidak beroperasi (tutup).

  1. Bagi madrasah yang masih beroperasi, prosedurnya adalah:
    1. Pemohon menyerahkan persyaratan kepada Kepala Madrasah yang menerbitkan Ijazah/STTB
    2. Petugas menerima dan mengarsipkan permohonan dan memberikan bukti tanda terima
    3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi kelengkapan persyaratan
    4. Jika verval lengkap, petugas menyiapkan konsep SKP Ijazah/STTB dan menyerahkan ke Kepala Madrasah (Karena Hilang) 
    5. Kepala Madrasah menerbitkan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB atau Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah/STTB atau Surat Keterangan Kerusakan Ijazah/STTB dengan diketahui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang bersangkutan.
    6. Petugas menyerahkan SKP Ijazah/STTB kepada pemohon
  2. Bagi madrasah yang sudah tidak beroperasi (tutup), prosedurnya adalah:
    1. Pemohon menyerahkan persyaratan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang bersangkutan atau pejabat yang berwenang
    2. Petugas menerima dan mengarsipkan permohonan dan memberikan bukti tanda terima
    3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi kelengkapan persyaratan
    4. Jika verval lengkap, petugas menyiapkan konsep SKP Ijazah/STTB dan menyerahkan ke Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang bersangkutan atau pejabat yang berwenang
    5. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang bersangkutan (atau pejabat yang berwenang) menerbitkan SKP Ijazah/STTB
    6. Petugas menyerahkan SKP Ijazah/STTB kepada pemohon

Selengkapnya mengenai wewenang, syarat, dan prosedur Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah dan STTB silakan baca Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5343 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Pengesahan Fotocopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar atau Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar, Penerbitan Surat pengganti Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar, dan Penerbitan Surat Keterangan Kesetaraan Ijazah Luar Negeri yang Berpenghargaan Sama dengan Ijazah Madrasah.

Download SK Dirjen Nomor 5343 Tahun 2015 DI SINI